Pohon Beringin: Dianggap Angker, Ini Makna hingga Manfaatnya

0
183
pohon beringin, beringin
Sumber Gambar: The Week

Pohon beringin sering dikaitkan dengan hal mistik. Ketahui tentang filosofi dan makna, manfaat hingga fakta seputar pohon beringin.


Beringin (Ficus benjamina) merupakan pohon berukuran besar dan rindang yang sering dijadikan tempat berteduh.

Sayangnya, di balik keteduhan dan kesejukan pohon beringin, ternyata pohon ini memiliki sejumlah mitos. Bahkan, beberapa keyakinan tersebut mengandung hal-hal mistik yang membuat banyak orang enggan menanam pohon ini di rumah.

Namun, dibalik mitos tersebut ternyata pohon berakar gantung ini juga bisa berguna, lho. Yuk, simak segala hal menarik tentang pohon beringin mulai dari filosofinya, manfaat, serta fakta dan mitos selengkapnya!

Baca Juga: Desain Taman Minimalis: Pemandangan Indah dalam Rumah

Filosofi/Makna Pohon Beringin

makna pohon beringin
Sumber Gambar: Banyan Editorial

Pohon beringin merupakan salah satu pohon yang memiliki nilai filosofis dan makna yang dalam bagi masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta.

Pohon beringin menjadi ciri khas alun-alun Kraton Yogyakarta. Beringin melambangkan pengayoman, keadilan, dan sifat abadi.

Beringin juga melambangkan “manunggaling kawula Gusti” atau “bersatunya manusia dengan Tuhannya” atau “bersatunya rakyat dengan pemimpinnya.”

Akar gantung beringin yang menjuntai dari atas ke bawah memiliki makna bahwa manusia harus selalu mengingat asal usul dari mana dia berasal. Asal-usul bisa berarti tempat asal (kebudayaan) atau bisa juga asal-usul bahwa manusia diciptakan Tuhan dari tanah.

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

Baca Juga: Jenis Aglonema: Tanaman Sri Rejeki, Si Pembawa Hoki!

Manfaat Pohon Beringin

manfaat pohon beringin
Sumber Gambar: Health Benefits Time

Pohon yang terlihat seram ini ternyata memiliki manfaat terutama bagi lingkungan sekitar tempat dimana pohon beringin ditanam. Selain, itu tahukah kamu jika daun beringin juga memiliki manfaat untuk kesehatan? Simak daftar manfaat dari pohon beringin berikut ini:

1. Menciptakan Udara Segar

Menanam pohon beringin di halaman rumah dapat membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar. Apalagi, pohon beringin juga termasuk pohon besar yang memiliki banyak daun sehingga oksigen yang dihasilkan pun lebih banyak.

Selain menciptakan udara segar, menanam pohon beringin juga dapat membuat rumah kamu terbebas dari polusi udara.

2. Membuat Suasana Menjadi Lebih Teduh

Pohon beringin yang berukuran besar dengan daun-daun yang lebar dapat memberikan hal positif bagi lingkungan sekitar, terutama jika kamu ingin menanamnya di pekarangan rumah. 

Dengan menanam pohon beringin, dijamin halaman rumahmu akan terasa lebih teduh dan sejuk. Daun-daun yang banyak dan lebar dari pohon beringin ini akan menghalangi sinar matahari yang terik.

3. Mencegah Penyakit Bronkitis

Selain pohonnya yang memiliki manfaat, daun beringin juga kaya manfaat untuk kesehatan. Untuk mencegah penyakit bronkitis, kamu bisa merebus 75 gram daun beringin dan 18 gram kulit jeruk dengan tiga gelas air.

Minum selama tiga kali sehari, setiap pagi, siang, dan sore hari dan lakukan metode ini secara teratur selama 10 hari.

Daun ini mempunyai kandungan alami yang dapat melindungi bronkiolus sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengobati Peradangan Usus

Khasiat lainnya dari daun beringin adalah untuk mengobati peradangan usus.

Caranya membuatnya mudah, kamu hanya perlu mencuci 500 gram daun bersama tiga gelas air dan biarkan menyusut hingga sepertiganya.

Kamu bisa mendinginkan dan menyaringnya sebelum diminum dua kali sehari, setiap pagi dan sore hari.

Lampu Taman Minimalis
Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!

Baca Juga: Jenis Monstera: Tanaman Eksotis Berharga Fantastis

Fakta dan Mitos Pohon Beringin

fakta pohon beringin
Sumber Gambar: Tree Service

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan mitos-mitos yang berkembang mengenai pohon beringin. Dari mulai pohonnya merupakan tempat tinggal makhluk halus sampai mitosnya yang akan membawa musibah jika kita menebang pohon beringin.

Padahal terlepas dari mitos yang mengiringinya, pohon ini bisa membuat hunian terasa lebih teduh dan sejuk. Berikut ini mitos dan fakta seputar pohon beringin yang menarik kamu ketahui:

1. Mitos – Merupakan Tempat Tinggal Makhluk Halus

Beringin merupakan salah satu jenis pohon yang banyak dimitoskan berpenunggu atau dihuni oleh makhluk-makhluk ghaib.

Beberapa kelompok masyarakat tertentu juga sering menaruhkan sesajen di bawah pohon beringin, yang semakin menguatkan adanya mitos bahwa pohon beringin berpenghuni.

Hal ini sebenarnya tidak lepas dari bentuk pohon beringin yang berupa tanaman dengan perawakan besar yang menimbulkan kesan seram.

Ditambah lagi dengan permukaan batang pohon beringin yang kasar dan beralur-alur, juga akar gantungnya yang menjulur dari cabang-cabangnya ke tanah, semakin menambah kesan seram pohon ini di mata masyarakat.

2. Mitos – Tidak Boleh Ditebang

Banyak pula yang menyebutkan bahwa pohon beringin dilarang untuk ditebang apapun alasannya.

Menurut nenek moyang, jika ada orang yang nekat menebang pohon beringin tanpa melakukan ritual tertentu, maka orang tersebut akan tertimpa musibah.

Mitos ini masih dipercaya sampai saat ini. Itulah sebabnya mengapa ada banyak pohon beringin yang tumbuh di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

3. Mitos – Dilarang Bergelantungan di Akar Pohon Beringin

Pohon ini disebut memiliki akar gantung yang kuat. Sehingga, kamu dapat bergelantungan di akar tersebut.

Namun, banyak mitos yang beredar bahwa dilarang bergelantungan di akar beringin.

Konon, kita tidak diperkenankan untuk bergelantungan di akar-akar pohon beringin. Pasalnya, orang yang nekat bergelantungan di akar pohon beringin hidupnya akan terus bergantung pada orang lain alias tidak bisa mandiri.

4. Fakta – Akar Beringin Dapat Menyerap Air Lebih Banyak

Menanam pohon beringin dirumah dapat membantu menjaga kualitas air tanah di rumah agar lebih jernih.

Pohon beringin memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan air lebih baik dibanding pohon lain. Hal ini karena beringin tak hanya memiliki akar di dalam tanah, tapi juga akar gantung di permukaannya.

Tak hanya menjadi sumber pasokan air bersih tambahan, pohon besar ini juga dapat membantu mencegah rumahmu banjir atau tergenang saat hujan besar.

5. Fakta – Membuat Lingkungan Sekitar Menjadi Lembap

Lingkungan sekitar pohon pun cenderung lebih lembap. Tentu saja, ini menjadi tantangan tersendiri untukmu yang ingin menanam beringin di rumah.

Kamu harus memastikan bahwa suasana lembap ini tak akan mempengaruhi bangunan rumah tinggal.

6. Fakta – Membutuhkan Lahan yang Cukup Luas

Pohon beringin dapat tumbuh hingga 25 meter. Ukuran batangnya saja bisa mencapai diameter dua meter.

Batang pohon akan tampak semakin besar karena ada banyak akar gantung di sekitarnya. Untuk itu, jika kamu tertarik menanamnya di rumah, pastikan kamu mempunyai lahan yang cukup luas.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun: Rumah Jadi Lebih Anggun

Nah, bagaimana Toppers? Walaupun pohon beringin identik dengan hal mistis, ternyata menarik bukan untuk mempelajari berbagai manfaat, filosofi, serta mitos dan faktanya?


jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Naura Nadira Az-Zahra