9 Kiat Si Kecil Tetap Enerjik dan Sehat di Musim Hujan

0
1166
tips anak tetap sehat saat hujan

Tips Anak Tetap Sehat di Musim Hujan – Musim hujan telah tiba! Perbedaan suhu udara dan juga kelembaban udara pada saat musim hujan yang nggak menentu bisa mendatangkan berbagai permasalahan kesehatan, terutama bagi si kecil yang daya tahan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Sebagai orang tua siaga, Bunda tentu perlu mengetahui kiat-kiat agar anak tetap sehat selama musim hujan ini. Untuk itu, berikut adalah tips yang bisa Bunda ikuti agar si kecil tetap sehat dan aktif meski musim hujan telah tiba!

tips anak tetap sehat saat hujan

Sumber gambar: Pixabay

Kiat Anak Tetap Sehat dan Enerjik di Musim Hujan

1. Atur Pola Makan

Untuk memastikan daya tahan tubuh buah hati terjaga, makan teratur saja tidaklah cukup. Selain makan tiga hari sekali dengan porsi yang cukup, pastikan juga apa yang di makan oleh si kecil mampu memenuhi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan. Pada saat musim hujan, berikan sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C agar daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Agar makan menjadi empat sehat lima sempurna, jangan lupa selalu siapkan susu nutrisi anak sebagai pelengkap.

Vitamin anak

2. Berikan Anak Aktivitas Olahraga yang Menyenangkan

Meskipun hujan, jangan biarkan buah hati lebih banyak bermalas-malasan di dalam rumah. Buatlah aktivitas olahraga menyenangkan di dalam rumah agar fisik anak tetap bugar dan nggak mudah terserang penyakit.

3. Pastikan Istirahat Si Kecil Cukup dan Berkualitas

Tahukan Bunda kurangnya tidur bisa berdampak pada meningkatknya hormon stress yang bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk meningkatakan daya tahan dan kebugaran anak pada musin hujan, pastikan si kecil mendapatkan istirahat yang cukup yaitu sekitar 8 jam per harinya. Jika si kecil termasuk anak yang aktif pada malam hari, Bunda bisa mendorong si kecil untuk tidur siang guna menggantikan istirahat malam yang berkurang.

Agar kualitas istirahat si kecil terjamin, pastikan juga Bunda lebih rutin membersihkan kamar dan tempat tidur. Gunakan deterjen anti bakteri dan juga pilihlah bantal yang baik untuk postur tubuh. Dengan begitu, nggak cuma kuantitas saja, tapi kualitas tidur anak jadi lebih terjamin.

4. Bekali Si Kecil dengan Vitamin dan Suplemen Tambahan

Setelah memberikan si kecil makanan sehat bergizi, untuk siap menghadapi perubahan cuaca ekstrem saat musim hujan Bunda juga bisa memberikan suplemen tambahan berupa vitamin anak. Jika anak susah makan, Bunda bisa memberikan suplemen penambah nafsu makan.

5. Musim Hujan? Saatnya Bersih-Bersih Rumah

Tentu Bunda sepakat jika kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Saat musim hujan tiba, Bunda harus mulai memperhatikan lingkungan rumah, khususnya bagian-bagian rumah yang mungkin bisa menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk. Pangkas semak-semak yang terlalu rimbun dan selalu bersihkan tempat sampah dan penyimpanan air secara berkala.

6. Minum Susu Lebih Rutin

Seperti yang telah disebutkan bahwa memberikan susu bisa melengkapi asupan nutrisi si kecil. Buatlah kebiasaan minum susu lebih rutin selama musim hujan. Kandungan susu yang kaya akan protein akan menjaga kesehatan dan juga kekebalan tubuh selama musim hujan. Dengan rutin meminum susu, resiko si kecil terserang flu dan deman selama musim hujan juga makin menurun.

7. Pilih Pakaian Anak yang Tepat

Jika susu dan makanan menutrisi berperan melindungi si kecil saat musim hujan dari dalam, memberikan pakaian yang tepat akan bantu melindungi anak saat musim hujan dari luar. Pakaian anak yang tepat akan menjaga tubuh anak dari suhu dingin saat musim hujan. Pilihlah bahan pakaian yang sedikit lebih tebal dan lembut berbahan wol dan juga cotton.

baju anak

8. Main Hujan? Boleh-boleh Saja Asal…

Salah satu hal yang disukai si kecil ketika musim hujan tiba adalah ketika anak-anak bisa bebas bermain hujan. Sayangnya hal ini tentu nggak baik buat kesehatan si kecil. Namun, sebenarnya Bunda nggak perlu benar-benar melarang anak bermain hujan. Membiarkan anak bermain hujan sah-sah saja, asalkan Bunda tetap membatasi dan mengawasi. Pastikan anak nggak bermain hujan lebih dari 10 menit. Segera setelah bermain hujan keringkan badan si kecil dan baru mandikan dengan air hangat. Gunakan juga cairan antiseptik saat memandikan si kecil agar nggak ada bakteri yang menyerang tubuhnya. Setelah itu, pastikan si kecil nggak langsung menghabiskan waktu di ruang ber-AC. Berikan juga si kecil makanan atau minuman hangat seperti sup ataupun teh agar temperatur tubuhnya tetap terjaga.

Tapi perlu diingat, jika memang tubuh si kecil kurang fit, tentu jangan biarkan si kecil terkena hujan apalagi membiarkannya bermain hujan.

9. Biasakan Selalu Cuci Tangan

Tips agar anak tetap sehat selama musim hujan yang terakhir dan nggak kalah penting adalah dengan menjaga kebersihan tubuh si kecil. Potong kuku tangan dan kaki si kecil dan biasakan anak selalu mencuci tangan dengan sabun cuci tangan antiseptik. Bekali si kecil dengan hand sanitizer yang bisa ia bawa kemanapun. Ajarkan juga cara mencuci tangan yang baik yaitu dengan menggosok seluruh permukaan tangan mulai dari kuku, jari tangan, bagian depan dan belakang selama paling tidak 30 detik di air yang mengalir.

Baca juga: Anak Demam Tinggi? Begini Cara Menurunkannya!

Ternyata tidak sulit bukan untuk memastikan buah hati tetap sehat selama musim hujan? Dengan tips anak tetap sehat di musim hujan tersebut, tentu di musim hujan ini Bunda bisa jadi lebih lega dan tentunya perkembangan si kecil jadi nggak terganggu. Untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih lanjut, Bunda bisa menemukan berbagai perlengkapan anak mulai dari mainan edukatif hingga suplemen dan vitamin anak di Tokopedia, lho! Yuk, buat musim hujan ini jadi lebih menyenangkan buat Bunda dan si kecil!

 

Bagikan Artikel