Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Cita Rasa 12 Kuliner Ternate yang Wajib Kamu Cicipi
03 September 2019
Share icon
Share
Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: CNN Indonesia

Makanan Khas Ternate – Kota Ternate adalah sebuah kota yang berdiri di kaki gunung Gamalama, Pulau Ternate. Pada 1999 sampai dengan 2000, Ternate merupakan ibukota dari Provinsi Maluku Utara sebelum akhirnya dipindah ke Sofifi.

Keberadaan dan perkembangan Kota Ternate sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Ternate yang berdiri sekitar abad ke-13. Namun, diluar nilai sejarahnya, kuliner khas Ternate juga menjadi daya tarik tersendiri dari kota yang kerap dijuluki kota seribu benteng ini.

Berkunjung ke Ternate tentu tak lengkap tanpa mencicipi cita rasa khas dari ragam kuliner Ternate. Berikut rekomendasi makanan khas Ternate yang wajib Toppers coba!

Baca juga: Menyusuri Keindahan 12 Objek Wisata Ternate Terbaik

Mencicipi Makanan Khas Ternate

1. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan Khas Palu

Berada di wilayah kepulauan, hasil laut menjadi bahan yang umum dari olahan makanan khas di Ternate. Salah satunya adalah Ikan Kuah Pala Banda.

Olahan ikan yang diperkaya dengan ragam rempah termasuk pala ini memiliki cita rasa pedas yang menyegarkan seta sangat pas disantap bersama sepiring nasi hangat dilengkapi sambal bekasang dan masakan khas Ternate lainnya.

2. Gatang Kenari

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Merah Putih

Meskipun sudah semakin jarang ditemukan karena populasi kepiting yang menjadi bahan utama dari makanan khas Ternate ini sudah semakin sedikit, namun di tempat-tempat makan tertentu Toppers masih bisa mencicipi olahan kuliner khas Ternate satu ini.

Terbuat dari kepiting hutan pemakan kelapa yang berukuran besar, makanan khas Ternate ini kemudian dibumbui dengan rempah-rempah yang membuat aromanya semakin sedap dan rasanya gurih.

3. Nasi Lapola

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Merah Putih

Nasi Lapola bisa dikatakan sebagai salah satu makanan pokok masyarakat yang hampir setiap hari dikonsumsi. Makanan khas Ternate ini sendiri dibuat dari beras yang dimasak bersama kelapa muda dan juga kacang tolo.

Setelah matang, Nasi Lapola akan disantap bersama beragam makanan dan masakan khas Ternate lainnya sebagai lauk seperti olahan ikan, lalapan, dan lauk lainnya.

4. Ikan Komu Asar

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Merah Putih

Ikan Komu Asar yang sering juga disebut ikan asap adalah olahan ikan tonggol yang ditusuk dan disapakan hingga matang. Ikan Komu Asar sendiri bisa dibilang sebagai salah satu makanan khas Ternate Maluku Utara yang populer dan kerap dijadikan sebagai pilihan oleh-oleh bagi orang-orang yang berkunjung ke Ternate.

5. Waku Komo-Komo

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Dapur Rakyat

Makanan khas Ternate selanjutnya Waku Komo Komo yang berbahan utama tepung sagu dan diolah dengan berbagai macam bumbu serta santan kelapa. Olahan sagu yang telah matang ini kemudian dicampur dengan jeroan ikan sebelum dibungkus dengan menggunakan daun woka. Kuliner Ternate kerap menjadi sajian pelengkap bersama masakan-masakan Ternate lainnya.

6. Lapis Palaro

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Dictio

Berbahan utama daging sapi yang diracik dengan bumbu rempah khusus, Lapis Palaro merupakan kuliner khas Ternate yang terkenal akan kelezatannya.

Sekilas makanan khas Palaro ini terlihat seperti rendang ataupun daging yang dimasak dengan bumbu balado karena bumbu rempah yang digunakan. Namun, soal rasa jelas sajian asal Ternate ini memiliki cita rasa khas yang tak kalah lezat.

Baca juga: 12 Manfaat Buah Matoa, Buah Lezat dan Eksostis Asal Papua

7. Kohu-Kohu

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: CNN Indonesia

Kohu-Kohu adalah makanan khas Ternate lainnya yang sekilas terlihat seperti sayuran Urap. Meskipun terlihat sama, nyatanya komposisi bahan makanan khas Ternate satu ini cukup berbeda. Terbuat dari kacang panjang, tauge, dan daun kemangi, sayur-sayuran ini kemudian ditambahkan parutan kelapa, ikang cakalang suwir, bawang merah mentah, dan air perasan lemon Cina membuat kuliner khas Ternate ini terasa menyegarkan.

8. Gohu Ikan

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Cita rasa unik dari olahan kuliner khas Ternate selanjutnya bisa Toppers temukan dari sajian Gohu Ikan yang berbahan dasar daging ikan tuna mentah. Dipadukan dengan bumbu lainnya, hidangan daging ikan tuna mentah khas Ternate ini memiliki perpaduan rasa asam, manis, pedas, dan juga gurih yang sangat otentik sehingga wajib masuk dalam daftar makanan khas Ternate favorit.

9. Air Guraka

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Detik

Selain sajian makanan, ada pula minuman khas Ternate yang tak kalah menarik untuk dicoba, yakni Guraka. Minuman khas Ternate ini dibuat dari campuran jahe parut dan gula aren yang kemudian dicampurkan dengan kenari.

Perpaduan rasa manis dari gula aren dan hangatnya jahe dari minuman ini mampu menemani berbagai sajian makanan ringan untuk mengisi waktu santai di sore hari.

10. Kopi Sibu-Sibu

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Tribunnews

Selain Guraka, ada lagi sajian minuman khas Ternate yang bisa Toppers coba, khususnya untuk para penggemar kopi. Di Ternate, Toppers wajib mencicipi olahan Kopi Sibu-Sibu yang terbuat dari minuman kopi yang ditambahkan susu serta bubuk cengkeh dan cacahan dari biji ketapang. Dengan aromanya yang sangat khas, minuman khas Ternate ini jelas akan memberikanmu pengalaman menyantap kopi yang berbeda dari biasanya.

11. Sayur Lilin

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: Merah Putih

Kuliner khas Ternate lainnya adalah Sayur Lilin yang terbuat dari bahan utama Terubuk yang dikenal juga dengan nama Tebu Telur. Umumnya masakan asal Ternate ini dimasak bersama kuah santan sebagai lauk untuk menemani sepiring nasi hangat. Namun, terkadang Terubuk juga kerap diolah dengan cara digoreng dengan balutan telur.

12. Pali Pali

Makanan Khas Ternate
Sumber gambar: IndonesiaKaya

Hidangan asal Ternate selanjutnya ini terkenal sebagai salah satu hidangan khusus untuk para Sultan di masa lampau. Olahan nasi yang dibungkus dengan menggunakan ayaman daun lontar ini bisa dikatakan sebagai lontong atau ketupat-nya orang Ternate.

Kuliner khas Ternate yang unik satu ini cocok menjadi sajian utama bersama ragam lauk pauk dan masakan khas Ternate lainnya.

Baca juga: Menyusuri 10 Pesona Wisata Amahai & Pulau Seram Paling Indah!

Dengan cita rasa unik yang khas, tentu mencicipi ragam kuliner khas Ternate merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Tertarik untuk merasakan langsung beragam makanan khas Ternate tersebut?

Ayo, mulai petualangan kuliner khas Ternate bersama Tokopedia. Mulai dari menemukan beragam perlengkapan traveling, pesan tiket pesawat, tiket kereta, hingga hotel bisa dilakukan dengan mudah dengan aplikasi Tokopedia.

Bagaimana? Sudah siap mulai petualangan menjelajahi kelezatan makanan khas Ternate?

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia