Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Walnut: Gizi Lengkap, Mudah Didapat

20 June 2021
Share
10 Manfaat Walnut: Gizi Lengkap, Mudah Didapat

Manfaat walnut untuk kesehatan. Jenis kacang bernutrisi paling lengkap yang kaya antioksidan hingga sumber omega-3.


Kacang walnut atau kacang kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari wilayah Mediterania dan Asia Tengah yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun.

Ada beberapa jenis walnut yang biasa dikonsumsi, yakni walnut Persia atau Inggris yang ditanam hampir diseluruh dunia. Lalu, ada jenis walnut hitam timur atau biasa disebut dengan Juglans Nigra yang berasal dari Amerika Utara.

Kacang berwujud unik ini kaya akan lemak omega-3 dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan makanan jenis lainnya. Ia juga menyediakan kandungan nutrisi seperti lemak, serat, vitamin dan mineral guna mendukung kesehatan tubuh.

Nah, sebelum membahas lebih lanjut mengenai manfaat walnut, ini dia beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui:

  • Kacang walnut paling banyak diproduksi di negara China. 
  • Berasal dari pohon tertua yang berasal dari tahun 7.000 Masehi.
  • Termasuk dalam pohon bergenus Juglans atau keluarga Juglandaceae. 
  • Orang-orang Romawi menyebut kacang walnut dengan sebutan ‘Juglans Regia’ yang berarti ‘Biji Kerajaan Yupiter.’

Baca Juga: Manfaat Kacang Polong: Gizi Lengkap, Halau Penyakit

Kandungan Gizi Walnut

walnut, kacang kenari
Sumber Gambar: Pixabay

Diyakini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, hal ini tak luput dari kandungan gizi yang dimiliki oleh kacang walnut. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui kandungan gizi dalam 100 gram (g) kacang walnut:

  • Kalori: 654 kalori
  • Air: 4,07 g
  • Karbohidrat: 13,71 g
  • Protein: 15,23 g
  • Serat: 6,7 g
  • Lemak: 65,21 g
  • Gula: 2,61 g
  • Vitamin B1: 0,341 miligram (mg)
  • Vitamin B2: 0,150 mg
  • Vitamin B3: 1,125 mg
  • Vitamin B6: 0,537 mg
  • Vitamin B9: 98 mikrogram (mcg)
  • Vitamin C: 1,3 mg
  • Vitamin A: 20 International Unit (IU)
  • Vitamin E: 0,70 mg
  • Vitamin K: 2,7 mcg
  • Kalsium: 98 mg
  • Besi: 2,91 mg
  • Fosfor: 346 mg
  • Magnesium: 158 mg
  • Zinc: 3,09 mg

baca juga: Manfaat Kacang Hijau: Sumber Gizi Lengkap, Mudah Didapat

Manfaat Kacang Walnut/Kenari untuk Kesehatan

walnut, kacang kenari
Sumber Gambar: Unsplash/@sahandbabali

Banyaknya kandungan nutrisi dalam kacang walnut dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Seperti daftar khasiat berikut ini:

1. Kaya Antioksidan

Kacang walnut memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi daripada kacang biasa lainnya. Antioksidan ini berasal dari vitamin E, melatonin, dan senyawa polifenol yang sangat tinggi pada walnut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi walnut dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol LDL jahat, sehingga terhindar dari aterosklerosis.

2. Sumber Omega-3

Dibandingkan kacang lainnya, kacang walnut termasuk sumber omega paling tinggi yang menyediakan 2,5 gram omega-3 jenis alpha-linolenic acid dalam 28 gram.

Mengonsumsi kacang walnut sudah mampu memenuhi kebutuhan harian alpha-linolenic acid sebanyak 1,1 gram pada perempuan dan 1,6 gram pada laki-laki per hari.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa walnut dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 10%.

3. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi kacang walnut dapat bermanfaat untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan.

Sebuah studi menyatakan bahwa 194 orang dewasa mengonsumsi 43 gram kacang walnut setiap harinya selama delapan minggu mengalami peningkatan jumlah bakteri baik di dalam usus.

Dengan ini, juga dapat mencegah terjadinya peradangan dan penyakit di usus, serta dapat mendukung kesehatan bakteri baik di dalam usus.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Diketahui bahwa walnut termasuk dalam jenis kacang yang padat kalori dan dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 10 orang gemuk yang megonsumsi smoothie yang terbuat dari 48 gram walnut selama 5 hari mengalami penurunan nafsu makan dan rasa lapar.

Maka, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kacang walnut mampu menjaga berat badan agar tetap ideal dengan cara mengontrol nafsu makan agar tidak berlebih.

5. Mendukung Penuaan yang Sehat

Seiring dengan bertambahnya usia, tak bisa dipungkiri bahwa fisik mengalami penurunan fungsi. Oleh sebab itu, kamu harus mulai memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kemampuan fisik kamu.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa para wanita yang lebih tua dengan pola makan sehat memiliki resiko rendah mengalami gangguan fisik dibanding yang tidak mengonsumsi makanan sehat.

Walnut adalah salah satu makanan yang dapat membantu mendukung fungsi fisik yang baik seiring dengan bertambahnya usia.

kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Kacang Merah: Kaya Protein dan Dukung Diet

6. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah penelitian dengan tabung reaksi terhadap hewan dan manusia menemukan bahwa kacang walnut dapat mengurangi risiko kanker tertentu, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kolorektal.

Khasiat walnut ini didapatkan berkat adanya kandungan ellagitannis polifenol, dimana mikroba usus tertentu dapat mengubahnya menjadi senyawa urolithin.

Urolithin memiliki sifat anti-inflasi di dalam usus, dan mengonsumsi walnut menjadi salah satu upaya untuk emmbantu melindungi tubuh dari kanker kolerektal dan kanker lainnya.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan nutrisi dalam kacang walnut seperti lemak tak jenuh, polifenol, dan vitamin E dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan di otak.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi kenari fungsi otak menjadi lebih baik, termasuk peningkatakan dalam kecepatan pemrosesan dan meningkatkan daya ingat.

Meski begitu, beberapa peneliti juga menyatakan bahwa masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas walnut terhadap fungsi otak manusia.

8. Menurunkan Diabetes Tipe-2

Manfaat walnut lainnya dikaitkan dengan kemampuannya dalam mengurangi risiko diabetes tipe-2 dengan cara mengendalikan berat badan. Sebab, memiliki berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko gula darah tinggi hingga diabetes.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 1 sendok makan minyak kenari dingin per hari selama 3 bulan dengan pengobatan diabetes lanjutan dan juga diet seimbang mengalami penurunan gula darah sebesar 8%.

9. Mendukung Kesehatan Reproduksi Pria

Tak banyak orang tahu bahwa kacang kenari dapat membantu mendukung kesehatan sperma dan kesuburan pada pria.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 117 pria muda yang mengonsumsi 75 gram kacang kenari setiap hari selama tiga bulan. Hasilnya, bentuk sperma, vitalitas dan mobilitas mengalami peningkatan dibandingkan pria yang tidak makan kacang kenari.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang kenari dapat melindungi sperma dan mengurangi kerusakan oksidatif pada membrannya. Dengan begitu, kacang kenari bisa menjadi pilihan alternatif bagi para pria yang ingin meningkatkan kesuburan.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat berpotensi menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Khasiat kacang kenari yang satu ini adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan makan kenari dapat membantu menurunkan tekanan darah, termasuk pada orang penderita hipertensi dan orang sehat saat sedang stres.

Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah: Topping Makanan Sehat, Halau Penyakit

Cara Mengonsumsi Walnut

walnut, kacang kenari
Sumber Gambar: Freepik

Kacang kenari atau kacang walnut dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung sebagai cemilan.

Kamu juga bisa menambahkannya ke dalam salad, pasta, sereal, sup, dan lainnya. Di restoran atau kuliner mahal biasanya para koki menggunakan minyak kenari sebagai dressing untuk saladnya.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba mengolah kacang walnut menjadi makanan yang lezat. Cobalah resep cranberry walnut buns berikut ini:

  • Campur dan aduk semua bahan adonan seperti tepung kraftkorn, tepung terigu, brown sugar, ragi instan dan susu cair. Uleni hingga kalis, kemudian tambahkan mentega dan garam.
  • Uleni kembali hingga elastis, lalu bulatkan adonan, tutup, dan diamkan selama 15 menit.
  • Cincang cranberry dan kacang walnut. Adonan yang sudah diamkan selama 15 menit, digilas dan taburkan isian yang sudah dicincang halus.
  • Gulung dan uleni hingga tercampur rata, lalu bulatkan atau cetak sesuai selera. Letakkan di wadah tertutup, lalu diamkan kembali selama 15 menit.
  • Tata diatas loyang dan biarkan selama 60 menit.
  • Setelah mengembang buat sayatan diatasnya, lalu panggang dalam oven dengan suhu 190°C selama 22 menit.
  • Keluarkan roti dari loyang, dan dinginkan. Cranberry walnut buns siap dinikmati.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Almond yang Perlu Kamu Tahu

Itu dia beberapa manfaat walnut bagi kesehatan. Kandungan gizinya cukup tinggi, baik untuk mengonsumsinya sebagai bagian dari menu makanan sehari-hari. Meski begitu, penelitian seputar manfaat kacang walnut ini masih perlu terus dikembangkan.

Yuk Toppers, mulai hidup sehat dari sekarang dengan rajin mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya akan nutrisi, vitamin dan juga mineral di Tokopedia!

makanan sehat
Ingin ngemil tapi tetap sehat? Ini solusinya, Toppers!

Penulis: Cindy Krisania Juli Haryono

TAGS
    Share
    Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

    Related Articles

    13 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotik
    Kesehatan
    13 Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotik
    © 2009-2023, PT Tokopedia