• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

19 Manfaat Teh Hijau: Herbal Nikmat yang Sakral

Share

19 Manfaat Teh Hijau: Herbal Nikmat yang Sakral

Manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh. Minuman nikmat beribu khasiat yang cegah kanker hingga stabilkan tekanan darah.


Apa manfaat teh hijau bagi manusia? Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Di antara banyak jenis teh, teh hijau atau green tea termasuk jenis yang paling digemari banyak kalangan dan di beberapa negara bahkan dianggap sakral.

Upacara meminum teh hijau sendiri banyak dikenal dimiliki oleh penduduk Jepang yang sebenarnya berasal dari China pada sekitar abad ke-6. Masyarakat Negeri Matahari Terbit percaya bahwa teh hijau adalah minuman paling sehat di dunia.

Dengan kandungan hingga 45% polifenol dan 80% antioksidan, teh ini sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Teh Hitam: Minuman Herbal Kaya Antioksidan

Kandungan Teh Hijau

kandungan teh hijau

Sumber Gambar: Freepik

Teh hijau memiliki beberapa nutrisi seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan. Untuk detailnya, dalam 100 gram teh hijau mengandung beragam nutrisi sebagai berikut:

  • Natrium: 60 mg.
  • Kalium: 5.873,9 mg.
  • Tembaga: 0,50 mg.
  • Zink: 0,0 mg.
  • Vitamin C: 230 mg.
  • Protein: 28,3 gram.
  • Lemak: 4.8 gram.
  • Karbohidrat: 53,6 gram.
  • Serat: 9.6 gram.
  • Kalsium: 245 mg.
  • Fosfor: 415 mg.
  • Beta-Karoten: 8.400 mcg.
  • Tiamin atau vitamin B1: 0,38 mg.
  • Riboflavin atau vitamin B2: 1,24 mg.
  • Vitamin B3: 4,6 mg.
  • Zat besi: 18.9 mg.
Baca Juga: Manfaat Kayu Manis: Tangkal Virus hingga Turunkan Kolesterol
teh oolong

Temani pagi dan antap camilan sore secara lebih nikmat dengan teh oolong berkualitas di sini!

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Apabila mengonsumsinya secara rutin, kamu akan merasakan berbagai manfaat teh hijau berikut ini:

1. Menurunkan Risiko Serangan Jantung

manfaat teh hijau

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu manfaat teh hijau paling dahsyat adalah kemampuannya menurunkan risiko serangan jantung. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of American Heart Association.

Penelitian dilakukan pada lebih dari 80 ribu orang penduduk Jepang usia tua. Hasilnya menyatakan bahwa mereka yang rutin minum teh hijau memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung (hingga 20%).

2. Mencegah Kanker

Menurut National Cancer Institute, polifenol yang terdapat dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor penyebab beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, payudara, paru-paru, rahim, kulit, dan kolorektal.

Sebuah studi pun menyimpulkan bahwa di negara-negara yang penduduknya rutin minum teh hijau, ditemukan lebih sedikit risiko terkena penyakit kanker.

3. Mengobati Rheumatoid Arthritis

manfaat teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Hana Kim

Rheumatoid Arthritis adalah peradangan pada sendi atau tulang. Hal ini menyebabkan penderitanya merasakan nyeri berkelanjutan serta kesulitan menggerakkan anggota tubuh. Teh hijau bisa membantu penderita Rheumatoid Arthritis dengan cara meredakan nyeri dan mencegah timbulnya enzim kimokin (enzim yang menyakiti tulang rawan).

Baca Juga: Manfaat Marigold: Bunga Cantik, Lawan Radikal Bebas

4. Meningkatkan Memori Otak

Semakin manusia bertambah tua, kemampuan mengingatnya akan semakin berkurang. Tapi tidak halnya dengan mereka yang rutin minum teh hijau.

Selain menurunkan risiko stroke dan mengobati radang sendi, manfaat teh hijau lainnya adalah meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat dengan baik. Dengan demikian, teh hijau juga bisa mencegah kemungkinan orang terkena Alzheimer’s Disease.

5. Membuat Badan Segar dan Berenergi

manfaat teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Jill Wellington

Apakah badanmu cepat lelah dan lunglai meski tak banyak beraktivitas? Atasi dengan minum teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan mangan yang sangat efektif dalam menyeimbangkan kandungan gula dalam darah.

Gula darah yang seimbang akan menghasilkan energi, sehingga pemilik tubuh akan merasa segar dan selalu bersemangat.

6. Mengobati Penyakit Kulit

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 mencoba menginvestigasi khasiat teh hijau dalam mengatasi penyakit kulit dan mendapatkan hasil positif. Beberapa keluhan seperti kulit kering, bintik kemerahan, kasar, juga keluhan lain terkait peradangan dan produksi sel yang berlebihan dapat diminimalisir dengan asupan teh hijau secara rutin.

Baca Juga: Manfaat Bunga Telang: ‘Si Cantik’ Penuh Maslahat

7. Mencegah Diabetes

manfaat teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Steve Buissinne

Manfaat teh hijau lainnya adalah mencegah diabetes tipe 2. Beberapa penelitian terhadap teh hijau menyatakan bahwa orang yang rajin minum teh hijau memiliki risiko terkena diabetes lebih rendah hingga 42% daripada yang tidak. Hal ini karena kandungan teh hijau bisa menetralisir kadar gula dalam darah.

8. Memperbaiki Kerja Pencernaan

Teh hijau mampu melawan zat-zat maupun bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kerja pencernaan jadi lebih lancar. Metabolisme tubuh pun berjalan dengan lebih efektif.

Banyak testimoni dari pengonsumsi teh hijau yang membenarkan bahwa perut mereka terasa lebih enak dan nyaman setelah rajin minum teh hijau.

9. Mengurangi Jerawat

manfaat teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Tee Garm

Manfaat teh hijau yang satu ini adalah alasan utama banyak wanita tertarik meminumnya: Kemampuan membersihkan kulit wajah dari jerawat dan segala gangguan kulit lain.

Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari menggunakan teh hijau sebagai masker, steam wajah, minum teh hijau tanpa gula setiap hari, hingga menggunakan bekas kantung teh sebagai kompres.

Baca Juga: Manfaat Rosella: Teh Bunga Nikmat, Kaya Khasiat

10. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang naik turun dapat bisa dikatakan hal yang normal dan bisa juga tidak. Perubahan tekanan darah dapat disebabkan oleh respon tubuh terhadap perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Misal, kurang tidur, olahraga, hingga stres.

Manfaat minum teh hijau diketahui dapat melemaskan otot-otot di pembuluh darah, serta adanya kandungan polifenol di dalam teh hijau juga mampu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

11. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

manfaat minum teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Engin Akyurt

Memiliki sistem metabolisme tubuh yang baik dapat menjadi salah satu faktor kesuksesan program penurunan berat badan seseorang. Mengonsumsi teh hijau dapat mendukung tubuh agar memiliki sistem metabolisme yang baik.

Berdasarkan sebuah uji klinis menyatakan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut. 

12. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Manfaat minum teh hijau untuk kesehatan berikutnya adalah meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dimungkinkan berkat adanya kandungan katekin.

Zat itu akan membunuh bakteri Streptococcus mutans dalam mulut. Yang mana itu adalah bakteri penyebab pembentukan plak dan risiko gigi berlubang. 

Baca Juga: Manfaat Ginseng: Herbal Ternama yang Kaya Guna

13. Mencegah Penuaan Dini

manfaat minum teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/StockSnap

Memiliki kerutan halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya kerap membuat rasa percaya diri menjadi menurun. Kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Polifenol dalam teh hijau akan membantu untuk menetralisir radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sehingga memperlambat terjadinya proses penuaan. 

14. Mengurangi Mata Bengkak dan Lingkaran Hitam

Mata bengkak dan terdapat lingkaran hitam di bawahnya akan membuat penampilan kurang maksimal. Hal ini akan menyebabkan wajah lebih tampak kusam dan lelah.

Kandungan antioksidan dan tanin di dalam teh hijau akan bermanfaat untuk mengatasi mata yang bengkak dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Serta dapat membantu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus di sekitar mata.

15. Meningkatkan Fungsi Otak

manfaat minum teh hijau

Sumber Gambar: Pixabay/Hai Nguyen

Manfaat minum teh hijau selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi otak. Adanya kafein di dalam teh hijau berguna untuk mendukung fungsi kerja otak.

Ketika kafein masuk ke dalam otak, maka akan memblokir neurotransmitter penghambat atau biasa disebut dengan adenosine. Maka, selanjutnya akan terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin, sehingga fungsi otak akan meningkat.

Baca Juga: Manfaat Kayu Secang: Bahan Minuman Herbal Terkenal

16. Mengurangi Stres dan Memperbaiki Mood

Suasana hati menjadi bagian dari kesehatan yang penting untuk diperhatikan Perubahan mood terjadi biasanya disebabkan oleh rasa lelah atau stres.

Nah, kandungan I-theanine, pigallocatechin gallate, dan kafein di dalam teh hijau bisa membuat mood menjadi lebih baik. Senyawa aktif tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa cemas dan tegang yang menyebabkan stres berlebihan.

17. Meningkatkan Kesuburan

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Kandungan nutrisi dalam teh hijau juga bisa meningkatkan kesuburan. Manfaat teh hijau bagi wanita tersebut didukung kandungan polifenol dalam teh hijau yang bisa mengurangi stres oksidatif.

Senyawa tersebut jugalah yang bisa membantu pelepasan sel telur sehingga memberikan peluang untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi.

18. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih dan Mencegah Flu

Mengonsumsi teh hijau sebanyak 2-3 cangkir dalam sehari mampu membantu Toppers untuk membersihkan saluran kemih.

Hal tersebut terjadi karena kandungan teh hijau apat mengurangi peradangan saluran kemih. Bahkan menurut penelitian, seseorang yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki risiko 40% lebih rendah untuk terinfeksi Infeksi Saluran Kemih.

Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga Toppers akan terhindar dari infeksi virus maupun bakteri yang menyebabkan flu.

19. Mengatasi Insomnia

manfaat teh hijau untuk kesehatan

Sumber Gambar: Her.ie

Gangguan sulit tidur tidak hanya bisa menimbulkan masalah kesehatan, tetapi juga mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan bisa membuat Toppers kehilangan fokus.

Nah, guna mengatasi masalah tersebut, minum teh hijau pada malam hari terutama sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Kandungan I-theanine menjadikan tubuh lebih rileks, sehingga tubuh menjadi lebih cepat tertidur.

Baca Juga: Manfaat Ginkgo Biloba: Dukung Kesehatan Otak

Efek Samping Teh Hijau

efek samping teh hijau

Sumber Gambar: Woman's Day

Meskipun teh hijau memiliki segudang manfaat dan kandungan nutrisi yang menyehatkan, mengonsumsi teh hijau secara berlebihan juga mampu memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh, Toppers. Efek samping tersebut dapat berupa:

  1. Mengalami gangguan kadar gula
  2. Memicu osteoporosis
  3. Diare, mulas, dan muntah
  4. Kontraksi otot
  5. Memperparah gangguan kecemasan
  6. Ketergantungan kafein
  7. Memperburuk anemia
  8. Memperlambat penyerapan zat besi dalam tubuh
Baca Juga: Manfaat Cengkeh: Si Harum yang Kaya Khasiat

Beberapa manfaat di atas hanyalah sedikit dari segudang kebaikan dari teh hijau. Dengan begini, jelas bahwa teh hijau adalah minuman yang sangat menguntungkan bagi kita. Yuk, beli berbagai produk teh hijau nikmat di Tokopedia!

Beli Produk Teh Hijau Asli di Sini

teh hijau

Temukan produk green tea nikmat dan berkualitas dengan penawaran harga terbaik di sini!

Penulis: Rasyahdan W. B. & Rizfa P. Khainayya

© 2009-2024, PT Tokopedia