Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Cita Rasa 15 Kuliner Khas Perancis Terlezat dan Populer

13 September 2019
Share icon
Share
Cita Rasa 15 Kuliner Khas Perancis Terlezat dan Populer

Makanan Khas Perancis – Untuk Toppers yang memiliki rencana untuk berlibur ke Eropa, Perancis jelas menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang tak boleh dilewatkan. Negara yang beribukota di Paris ini memiliki banyak sekali tujuan wisata romantis yang sangat digemari para wisatawan.

Namun, diluar itu Perancis juga menawarkan ragam kuliner khas yang wajib Toppers cicipi saat berkunjung ke Perancis. Dengan cita rasa khas, beberapa makanan asal Perancis bahkan telah mendunia, lho.

Tertarik cicipi langsung kuliner tradisional Perancis? Berikut rekomendasi makanan khas Perancis dengan cita rasa yang telah mendunia!

Baca juga: Mencicipi Kuliner Khas Timur Tengah yang Kelezatannya Mendunia

Makanan Khas Perancis

1. Escargot

Makanan Khas Perancis - Escargot
Sumber gambar: Wikipedia

Bisa dibilang, makanan khas Perancis yang pertama ini sangatlah populer. Namun, kepopuleran dari kuliner ini lebih dikarenakan keunikan bahannya yakni menggunakan siput atau bekicot.

Kuliner asal Perancis yang dikenal dengan nama “escargot” ini digemari bukan hanya karena rasanya yang unik, namun karena cukup bergizi,kaya akan protein, vitamin B2, asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

2. Ratatouille

Makanan Khas Perancis - Ratattoulie
Sumber gambar: The Petite Cook

Tak kalah terkenal dari makanan asal Perancis sebelumnya, Ratatouille adalah olahan sayur-sayuran yang dibumbui sebelum kemudian dipanggang.

Dahulu, makanan ini dikenal sebagai panganan para petani di musim panas. Namun, kini Ratatouille telah dikenal luas dan kerap disajikan bersama roti, kentang, ataupun nasi dengan bumbu dan bahan yang dimodifikasi.

3. Coq Au Vin

Makanan Khas Perancis - Coq Au Vin
Sumber gambar: Wikipedia

Dalam bahasa Perancis, kuliner ini memiliki arti “ayam jantan di wine” dan sesuai dengan namanya ini,Coq au Vin memang merupakan olahan paha ayam yang dimasak dengan anggur merah atau wine bersama beragam bumbu lainnya.

Proses pembuatan makanan khas Perancis satu ini cukup lama dengan tujuan memastikan rasa dari semua bumbu masakan benar-benar meresap kedalam daging ayam. Tak heran jika kuliner asal Perancis ini menawarkan rasa yang sangat kaya dan lezat.

4. Confit de Canard

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Telegraph

Confit de Canard adalah panganan khas Perancis yang cocok untuk Toppers penggemar olahan daging bebek. Dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu khas masakan Perancis, daging bebek kemudian di marinasi 24 jam dimatangkan selama paling tidak 36 jam sebelum kemudian dipanggang atau digoreng.

Proses memasak yang panjang ini membuat rasa bumbu yang gurih dan aromanya yang nikmat benar-benar terserap hingga ke dalam daging bebek.

5. Foie Gras

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Wikipedia

Makanan khas Perancis selanjutnya ini merupakan hidangan yang telah digemari sejak abad pertengahan dan bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner paling tua di daratan Eropa.

Terbuat dari bahan utama hati angsa atau bebek, Foie Grass dimasak. dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar bersama bumbu dan saus khas dan terkenal akan rasanya yang sangat gurih.

Sampai saat ini, makanan khas Perancis ini masih bisa Toppers temukan meskipun umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal.

Baca juga: 12 Kuliner Tradisional Khas Filipina Paling Populer

6. Soupe a l’oignon

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Food Channel

Dibuat dari kuah kaldu sapi yang kaya dan diolah bersama bawang putih, parutan keju, dan juga daging ayam, Soupe a L’oignon adalah makanan sup khas Perancis yang memiliki tekstur kental dan rasa gurih.

Sama seperti kuliner khas Perancis sebelumnya, Soupe a L’oignon juga telah dikenal sejak zaman romawi dan kini telah menyebar hingga ke negara-negara lainnya. Umumnya, hidangan khas Perancis ini disajikan berasama garlic bread.

7. Bouillabaisse

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Food Channel

Buat Toppers penggemar olahan seafood, kuliner khas Perancis selanjutnya ini bisa jadi pilihan untuk dicicipi. Bouillabaisse sendiri dahulu merupakan makanan olahan para nelayan di Goudes untuk memanfaatkan ikan hasil tangkapan mereka yang tak terjual.

Dicampur dengan kerang dan dimasak bersama sedikit kuah dan berbagai bumbu lainnya, makanan asal Perancis ini kini menjadi salah satu kuliner terkenal yang banyak dicari penggemar kuliner, khususnya pecinta seafood.

8. Beef Burguignon

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: BBC

Beef Burguignon adalah makanan khas Perancis selanjutnya yang sekilas terlihat seperti kuliner khas Padang, rendang. Tak berbeda dari rendang, kuliner asal Perancis ini juga berbahan daging sapi yang dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu.

Salah satu yang membuatnya unik adalah tambahan anggur merah atau wine dalam campuran bumbunya. Kemudian Beef Burguignon dimasak hingga bumbu benar-benar meresap dan daging memiliki tekstur lembut dan lezat.

9. Farci poitevin

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Cuisine Actuelle

Berasal dari daerah Poitou-Charentes, Farci poitevin adalah kuliner khas Perancis yang terbuat dari beragam sayur-sayuran dan bahan serta bumbu lainnya yang dibungkus ke dalam kubis.

Umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka, makanan khas Perancis satu ini juga kerap dilengkapi sepotong roti sebagai pelengkap. Tertarik mencoba?

10. Langue de boeuf

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Marmirton

Terbuat dari bahan utama yang tak kalah unik, Langue de Boeuf adalah makanan khas Perancis berbahan dasar lidah sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama bumbu-bumbu rempah serta potongan sayuran.

Tekstur lembut dan sedikit kenyal berpadu dengan bumbu yang gurih membuat Langue de Boeuf patut untuk dicicipi saat Toppers bertandang ke Kota Mode ini.

Baca juga: 18 Kuliner Khas Bali yang Wajib Dicicipi di Pulau Dewata

11. Crème brulee

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Country Living Magazine

Untuk hidangan penutup, Toppers bisa mencoba Crème brulee yang terbuat dari campuran susu, vanila, dan buah-buahan. Bahan-bahan ini kemudian dimasak menggunakan oven dengan tambahan bumbu pelengkap lainnya, menghasilkan kuliner lembut dengan cita rasa manis yang menyegarkan.

12. Crepes

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Gourment Uncorked

Siapa yang tak kenal panganan asal Perancis satu ini? Crepes yang memiliki tektur renyah berpadu lembut dari adonan tipis dan kerap dilengkapi berbagai macam pilihan topping ini kini telah sangat mudah ditemui di bebagai tempat di dunia.

13. Croissant

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Wikipedia

Tak kalah terkenal dari Crepes, Croissant yang kini bisa ditemukan dengan sangat mudah di toko-toko roti ini juga merupakan salah satu makanan khas Perancis yang pernah dinobatkan sebagai salah satu kuliner paling lezat yang ada di dunia.

Kini, Croissant telah diolah dengan rasa dan isian yang bervariasi dan modern. Menjadikannya salah satu hidangan untuk menemani segelas kopi di waktu santai yang lezat.

14. Baguette

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: Wikipedia

Selain Croissant, Baguette adalah roti asal Perancis yang popularitasnya telah mendunia. Roti yang identik dengan bentuknya yang panjang serta teksturnya yang sangat renyah ini kerap hadir sebagai pelengkap berbagai hidangan khas Perancis lainnya.

15. Tarte Tatin

Makanan Khas Perancis
Sumber gambar: New Idea Food

Kuliner khas Perancis lainnya yang tak kalah menarik adalah Tarte Tatin yang kerap dijuluki sebagai Tart Buah khas Perancis. Biasanya, buah yang digunakan untuk melengkapi kue ini adalah buah apel dan aprikot yang diolah hingga mengkaramelisasi. Hal ini memberikan cita rasa manis yang sangat lezat dan membuat Tarte Tatin menjadi salah satu makanan khas Perancis yang digemari.

Baca juga: Mencicipi 10 Kuliner Khas Taiwan Favorit

Beberapa makanan khas Perancis tersebut tentu sudah pernah Toppers dengar karena memang kelezatan cita rasa kuliner Perancis telah mendunia. Makanan khas Perancis mana yang paling ingin Toppers cicipi?

Buat petualangan wisata kuliner di Perancis jadi lebih praktis dengan Aplikasi Tokopedia! Mulai dari beli tiket pesawat, tiket kereta, hotel, hingga beli keperluan traveling dan tiket hiburan bisa Toppers lakukan dengan mudah lewat Tokopedia.

Banner Tiket Pesawat
Temukan berbagai penawaran menarik tiket pesawat untuk traveling yang lebih praktis!
TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

30 Destinasi Tempat Wisata di Jambi Terbaik dan Terpopuler
Travel dan Kuliner
30 Destinasi Tempat Wisata di Jambi Terbaik dan Terpopuler
Editor Picks
30 Destinasi Tempat Wisata di Jambi Terbaik dan Terpopuler
30 Destinasi Tempat Wisata di Jambi Terbaik dan Terpopuler
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia