PulsaPulsa
Paket DataPaket Data
Listrik PLNListrik PLN
FlightFlight
E-MoneyE-Money
VouchersVouchers
DealsDeals
Angsuran KreditAngsuran Kredit
TelkomTelkom
Gas PGNGas PGN
Internet & TV KabelInternet & TV Kabel
lainnyalainnya
Top Up Kartu E-Money melalui Tokopedia

Isi Saldo & Top Up e-Toll Card Lebih Mudah dan Murah #MulaiAjaDulu di Tokopedia

Mengapa Isi dan Top Up e-Toll Card di Tokopedia?

Tokopedia menyediakan layanan untuk mempermudah pembelian dan Top Up e-Toll Card kamu. Tidak perlu repot-repot karena hanya dengan beberapa kali klik saja, kamu sudah dapat melakukan Top Up e-Toll Card dan juga e-Toll Pass kamu di Tokopedia secara online dengan mudah dan praktis. Tersedia berbagai nominal Top Up sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah memastikan nominal yang kamu pilih, kamu tinggal meng-klik tombol Bayar/Beli dan menyelesaikan transaksi di layar berikutnya.

Metode pembayaran dapat kamu gunakan untuk melakukan Top Up e-Toll Card pun sangat bervariasi. Mulai dari BCA KlikPay, Mandiri ClickPay, Mandiri e-cash, Virtual Account hingga pembayaran dengan OVO, semuanya tersedia di Tokopedia. Untuk kamu yang sibuk dan nggak sempat melakukan pengisian Top Up e-Toll Card kamu di bank atau outlet minimarket yang tersedia, kamu dapat melakukannya lewat Tokopedia. Jadi, tunggu apalagi. Ayo, segera lakukan Top Up e-Toll Card kamu hanya lewat Tokopedia sekarang!

Catatan : Layanan Top Up E-Toll ini sama dengan layanan Top Up eMoney di Tokopedia.

Top Up E-Toll Lebih Mudah di Tokopedia

#GakadaAlasan untuk bingung mau top up saldo kartu E-Money di mana sebelum perjalananmu? #MulaiAjaDulu dengan top up langsung di aplikasi Tokopedia!

Apa itu e-Toll Card?

e-Toll Card adalah kartu prabayar yang digunakan untuk transaksi pembayaran masuk jalan tol di sebagian wilayah di Indonesia. e-Toll Card dikembangkan oleh Bank Mandiri bekerjasama dengan Operator Tol terhitung sejak tahun 2009. Seiring dengan meningkatnya frekuensi pemakaian di masyarakat, Operator Tol juga sudah bekerja sama dengan beberapa instansi seperti Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti hingga Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ).

Pemakaian kartu e-Toll sangat praktis dan mudah karena pengguna hanya perlu menempelkan kartu untuk mengganti pembayaran cash uang tol selama 4 detik. Penggunaan kartu e-Toll dinilai lebih cepat bila dibandingkan dengan metode pembayaran tunai yang membutuhkan waktu selama 7 detik.  Dengan demikian, pembayaran di gerbang tol bisa berlangsung lebih cepat sehingga kemacetan yang sering terjadi di gerbang tol bisa berkurang. Selain itu, e-Toll juga dinilai dapat mengurangi biaya operasional untuk jalan tol karena dengan e-Toll, penggunaan biaya hanya digunakan untuk mengumpulkan, menyetor dan mentransfer uang tunai ke bank.

Apa itu E-Toll Pass?

e-Toll Pass atau OBU (On Board Unit) adalah alat khusus yang dipasang pada mobil agar pengguna jalan tol tidak perlu berhenti dan membuka kaca mobil untuk membayar biaya jalan tol. Perangkat ini biasanya dipasang pada bagian kaca depan mobil. Ketika mobil melewati Gerbang Tol Otomatis / GTO yang bertanda e-Toll Pass, alat transmitter akan terhubung dengan GTO kemudian membayar biaya tol sehingga palang pintu tol terbuka secara otomatis.

Perangkat e-Toll Pass menggunakan e-Toll Card Mandiri. Dengan perangkat ini kamu juga bisa melihat saldo e-Toll Card yang digunakan. Kamu bisa mendapatkan perangkat OBU E-Toll Pass di Tokopedia Aksesoris Mobil.

Apa itu GTO?

Dimulai bulan Oktober 2017, seluruh gerbang tol di Indonesia diwajibkan menggunakan Gerbang Tol Otomatis (GTO). GTO adalah metode pembayaran tol terbaru yang lebih praktis. Berbeda dengan pembayaran yang biasanya kamu lakukan, pembayaran GTO ini tidak menggunakan uang tunai melainkan hanya menggunakan kartu e-Toll, perangkat e-Toll Pass serta kartu uang elektronik lainnya.

Jenis-Jenis Kartu e-Toll

e-Toll Card merupakan kartu pembayaran toll ya yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri dan Jasa Marga. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kartu elektronik berikut untuk membayar tarif tol di GTO:

  1. E-Money Mandiri
  2. Brizzi BRI Card
  3. BNI Tap Cash
  4. Kartu Flazz BCA

Saat ini hanya kartu e-Toll dari Mandiri yang bisa dilakukan Top Up saldonya melalui Tokopedia.

Keuntungan Menggunakan e-Toll Card

Keuntungan utama e-Toll Card adalah sebagai pengganti yang lebih mudah dan praktis dibandingkan metode transaksi sebelumnya yang menggunakan uang tunai. Selain itu, penggunaan e-Toll Card sebagai metode pembayaran terhitung lebih cepat daripada menggunakan uang tunai/cash. E-Toll Card juga dapat digunakan untuk transaksi di luar wilayah gerbang tol seperti di Indomaret, SPBU, dan sebagainya. Selain itu, e-Toll Card juga dapat diisi ulang dengan minimal saldo adalah Rp 10.000 dan saldo maksimal Rp 1.000.000.

 

Harga Top Up e-Toll Card

 

Daftar harga Top Up e-Toll Card yang tersedia di Tokopedia adalah sebagai berikut:

Nominal

Harga

20.000

20.000

50.000

50.000

100.000

100.000

200.000

200.000

300.000

300.000

400.000

400.000

500.000

500.000



Biaya Top Up e-Toll Card

Jika kamu membeli Top Up e-Toll Card di kanal bukan bank, kamu akan dikenakan biaya operasional sebesar Rp 1.500. Biaya Top Up e-Money ini akan digunakan untuk menambah pembenahan infrastruktur yang akan membantu kinerja dari sistem e-Money itu sendiri. Jika memang kamu tidak ingin membayar lagi, kamu dapat menggunakan Mandiri e-Money dan mengisinya secara gratis lewat Tokopedia, ATM Mandiri, atau ATM yang tergabung ke dalam Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) yang tersedia.

Cara Membeli e-Toll Card

Kartu e-Toll dapat kamu peroleh di mana saja. Kamu bisa membeli kartu e-Toll secara online di Tokopedia atau mendapatkannya di kantor cabang bank terdekat di seluruh Jabodetabek atau di berbagai gerbang tol yang tersedia. Kartu e-Toll juga tersedia di gerai-gerai retail seperti Alfamart dan Indomaret. Cara pengisian e-Toll Card sangat mudah. Kamu hanya tinggal meminta pada petugas gerbang tol tersebut untuk mengisikan e-Toll Card kamu. Jika sedang malas berjalan jauh, kamu juga dapat melakukan pengisian saldo e-Toll Card melalui situs Tokopedia.

Cara Isi Saldo / Top Up e-Toll Card di Tokopedia

Berikut adalah Cara Top Up e-Toll melalui website Tokopedia:

  1. Buka halaman Tokopedia Top Up e-Money pada browser kamu.
  2. Masukkan Nomor Kartu e-Toll atau e-Money yang dimiliki
  3. Pilih nominal Top Up.
  4. Klik Bayar
  5. Pilih Metode Pembayaran yang Anda inginkan
  6. Lakukan pembayaran sesuai metode yang sudah kamu pilih.
  7. Update saldo e-Toll pada kartu menggunakan aplikasi Tokopedia pada Handphone ber-NFC, Gerai Retail atau ATM terdekat.

 

Cara Top Up Kartu e-Toll melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Buka Aplikasi Tokopedia
  2. Pilih Menu "Tagihan" > “e-Money”
  3. Masukan Nomor Kartu e-Toll atau e-Money yang dimiliki.
  4. Pilih nominal Top Up.
  5. Klik Beli/Bayar
  6. Cek transaksi dan klik Lanjut
  7. Pilih Metode Pembayaran yang Anda inginkan
  8. Lakukan pembayaran sesuai metode yang sudah kamu pilih.
  9. Update saldo e-Toll pada kartu menggunakan aplikasi Tokopedia pada Handphone ber-NFC, Gerai Retail atau ATM terdekat.

 

Cara Update Saldo e-Toll melalui Aplikasi Tokopedia

  1. Klik Cek Saldo pada halaman Top up e-Money di Aplikasi Tokopedia.
  2. Untuk pengguna Smartphone dengan fitur NFC, letakkan kartu e-Toll di bagian belakang smartphone Anda.    
  3. Tunggu beberapa saat dan pastikan posisi kartu E-Toll tidak berubah.
  4. Proses update kartu e-Toll berhasil.                                                     
  5. Bagi pengguna yang tidak memiliki smartphone dengan fitur NFC, silakan melakukan update saldo kartu e-Toll di ATM Mandiri atau gerai retail terdekat.

Frequently Asked Question?

Di Mana Tempat Membeli e-Toll Card?

Kamu dapat membeli e-Toll Card langsung di cabang Bank Mandiri serta outlet minimarket terdekat di seluruh Jabodetabek atau di berbagai gerbang tol yang tersedia. Cara pembelian e-Toll Card sangat mudah. Kamu hanya tinggal meminta pada petugas gerbang tol tersebut untuk membuatkan e-Toll Card dengan membayar saldo minimal sebesar Rp 50.000. Jika kamu melakukan pembuatan kartu di minimarket atau Bank terdekat, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 - Rp 12.000. e-Toll Card dengan desain kustom khusus juga tersedia di Tokopedia. Dapatkan e-Toll dengan harga lebih murah tanpa perlu repot mengantri di Indomaret atau kantor Bank.

 

Di Mana Tempat Mengisi e-Toll Card?

Kamu dapat membeli e-Toll Card langsung di outlet Indomaret serta cabang Bank Mandiri terdekat di seluruh Jabodetabek atau di berbagai gerbang tol yang tersedia. Cara pengisian e-Toll Card sangat mudah. Kamu hanya tinggal meminta pada petugas untuk mengisikan e-Toll Card kamu. Jika sedang malas berjalan jauh, kamu juga dapat melakukan pengisian saldo e-Toll Card melalui situs Tokopedia.

 

Apakah e-Toll Bisa Diuangkan?

Ya, saldo yang tersisa di dalam e-Toll Card dapat ditukarkan dengan uang tunai berapapun jumlahnya. Proses penukaran uang elektronik menjadi uang tunai kepada nasabah dapat dilakukan di cabang Bank Mandiri terdekat.

 

Apakah e-Toll Bisa Untuk Naik Busway?

Ya, pembayaran transportasi Bus Transjakarta sudah menyediakan pembayaran melalui uang elektronik (e-Money). Sehingga, e-Toll Card, yang merupakan salah satu jenis pembayaran Kartu Mandiri e-Money, dapat digunakan untuk naik Busway.

 

Apakah e-Toll Bisa Untuk Naik KRL?

Ya, pembayaran transportasi KRL Commuter Line sudah menyediakan pembayaran melalui uang elektronik (e-Money). Sehingga, e-Toll Card, yang merupakan salah satu jenis pembayaran Kartu Mandiri e-Money, dapat digunakan untuk naik KRL.

Kendala Dalam Top Up e-Toll di Tokopedia

Top Up e-Toll di Tokopedia Gagal

Jika Top Up e-Toll di Tokopedia gagal, dana akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia (untuk pembayaran dengan OVO Cash) dan ke OVO Points (untuk pembayaran dengan OVO Points). Silakan coba kembali pembayaran dalam beberapa saat, jika masih tetap gagal silakan hubungi Customer Care Tokopedia. Tak perlu khawatir dengan dana milikmu, dana di Saldo Tokopedia dapat kamu gunakan untuk membeli atau membayar aneka produk lainnya di Tokopedia.

 

Saldo e-Toll Tidak Masuk

Pastikan Anda telah melakukan top up dengan benar dan memilih jenis top up kartu yang benar pula yaitu top up E-Toll. Jika proses Top Up sudah benar namun saldo masih belum terisi, maka Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.

Syarat dan Ketentuan Top Up e-Toll Tokopedia

  1. Sebelum membeli Top Up e-Toll di Tokopedia, pastikan Anda sudah membaca syarat dan ketentuan berikut ini:
  2. Dalam satu transaksi, pembeli hanya bisa melakukan Top Up e-Toll sebanyak satu kali kemudian melakukan proses pembayaran. Jika ingin kembali melakukan Top Up e-Toll lainnya, pembeli wajib menyelesaikan transaksi sebelumnya hingga pembayaran berhasil.
  3. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan Top Up e-Toll Card oleh pengguna.
  4. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta e-mail dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak mana pun.
  5. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
  6. Pelanggan bertanggung jawab atas perlindungan dan kerahasiaan kode Top Up e-Toll Card. Tokopedia tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian yang diderita oleh Pelanggan akibat kegagalan dalam melindungi kerahasiaan kode Top Up e-Toll Card.