×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      KAB BANYUWANGI

      Bayar Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi Agustus Desember 2018 Lebih Mudah Mulai Aja Dulu di Tokopedia

      Mengapa Bayar PDAM Kabupaten Banyuwangi di Tokopedia?

       

      Setiap tahunnya, data penduduk Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini berdampak pada semakin meningkatnya kebutuhan akan air bersih. Air merupakan salah satu kebutuhan terpenting manusia untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Demi mewujudkan ketersediaan air secara merata ke masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia, pemerintah membangun Perusahaan Daerah Air Minum yang tersebar di setiap daerah. Perusahaan ini bertanggungjawab atas terpenuhinya kebutuhan air bersih di masyarakat dan juga sebagai sumber pendapatan daerah, termasuk di Kabupaten Banyuwangi.

      Meskipun akses terhadap air bersih telah menjadi lebih mudah, namun lain halnya dengan pembayaran tagihan PDAM yang harus dilakukan langsung di kantor. Bagaimana tidak? Kamu harus merelakan waktu berhargamu untuk keluar rumah dan berlama-lama antre. Tapi sekarang cek dan bayar tagihan PDAM cukup kamu lakukan secara online di Tokopedia, lho!. Selain lebih mudah, banyak promo menarik yang tersedia dalam waktu tertentu. Kamu dapat memilih beberapa metode pembayaran, mulai dari TokoCash hingga ke bayar langsung di minimarket pilihanmu. Bayar secara online juga bisa untuk kamu yang lebih suka menyelesaikan hal-hal hanya dengan beberapa sentuhan jari.

      Tidak hanya TokoCash, kartu kredit dan internet banking, kamu juga dapat menyelesaikan pembayaran tagihan air PDAM Kabupaten Banyuwangi melalui Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, e-Pay BRI. Ingin menyelesaikan pembayaran secara tunai? Kamu hanya perlu datang ke Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, atau Pos Indonesia. Yuk Mulai Aja Dulu cek dan bayar tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi-mu hanya di Tokopedia. Layanan pembayaran dan pembelian lainnya seperti cek tagihan listrik online, cek tagihan telepon rumah, beli pulsa online hingga bayar kredit motor online juga tersedia, lho!

       

      1. Tentang PDAM Banyuwangi
      2. Alamat Kantor PDAM Kabupaten Banyuwangi
      3. Cara Berlangganan Air PDAM Kabupaten Banyuwangi
      4. Cara Cek Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi Online
      5. Cara Bayar PDAM Kabupaten Banyuwangi Online di Tokopedia
        1. Cara Bayar Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi dengan Aplikasi Tokopedia
        2. Cara Bayar Tagihan PDAM Banyuwangi dengan Pembayaran di Indomaret
        3. Cara Bayar Tagihan PDAM Banyuwangi dengan Pembayaran di Alfamart
      6. Frequently Asked Questions (F.A.Q)
        1. Q : Berapa Tarif Air PDAM Kabupaten Banyuwangi?
        2. Q : Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi?
        3. Q : Apakah Saya Bisa Membayar PDAM Kabupaten Banyuwangi pada Hari Sabtu, Minggu atau Tanggal Merah?
      7. Kendala Seputar Tagihan Air PDAM
      8. Syarat dan Ketentuan Pembayaran Tagihan Air PDAM Kabupaten Banyuwangi

       

      Sejarah PDAM Kabupaten Banyuwangi

       

      Tahun 1927 merupakan tonggak sejarah bagi Kabupaten Banyuwangi untuk memiliki sistem pelayanan air minum di bawah Pemerintah Hindia Belanda yang dikelola oleh sebuah bafdan bernama Water Leiding Bedrijf. Badan ini memanfaatkan mata air Sumber Gedor dengan kapasitas 10 liter/detik sebagai bahan baku penyediaan air bersih. Air ditangkap di sumber mata air Gedor untuk selanjutnya ditransmisikan ke bak pelepas tekan di Desa Boyolangu dan ditampung di Tandon Penataban dengan kapasitas 500 m3. Kemudiaan air siap didistribusikan kepada masyarakat perkotaan.

      Setelah Indonesia merdeka, terjadi peralihan kekuasaan dari Pemerintah Hindia Belanda kepada Pemerintah Republik Indonesia, dan momen ini ditandai dengan penanganan langsung pengelolaan air minum di Kabupaten Banyuwangi oleh Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten (DPUK) dengan nama Saluran Air Minum (SAM). Selanjutnya, pada tahun 1969, dilakukan peningkatan pembinaan dan pengawasan terhadap perusahaan daerah, sehingga Pemerintah Daerah menerbitkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyuwangi nomor 1 Tahun 1969 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Aneka Usaha Blambangan (PDAUB),dimana didalam termasuk Saluran Air Minum.

      Mulai tahun 1972, Pemerintah Pusat memberikan bantuan pembangunan untuk peningkatan kapasitas sumber dengan membangun broncaptering (bak penangkap air sumber) yang lebih besar sehingga kapasitas sumber Gedor yang semula 10 lt/dt menjadi 112 lt/dt. Ada juga pembangunan Tandon baru di Penataban dengan volume 1000 m3.

      Di masa Pemerintahan Bupati Djoko Supaat Slamet maka terbitlah Perda No. 08 Tahun 1974 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai upaya pemisahan dari Perusahaan Daerah Aneka Usaha Blambangan (PDAUB) dengan maksud memberikan otonomi yang lebih besar untuk pengelolaan perusahaan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Banyuwangi. Maka sebagai bentuk tanggung jawab yang lebih besar, PDAM harus mengembangkan diri dengan dana pinjaman Bank Dunia pada tanggal 31 Oktober 1974, melalui perjanjian pinjaman antara Pemerintah Indonesia dengan International Bank for Reconstruction and Development yang menyetujui untuk  :

      1. Pembangunan/pemasangan pipa distribusi diseluruh kota khususnya kota Banyuwangi.
      2. Pembangunan Bak pelepas tekan di Boyolangu.
      3. Pemandian/kran-kran umum dan hidran umum (pemadam kebakaran).
      4. Pembangunan Laboratorium dan peralatannya.
      5. Pembangunan Gedung Kantor serta perumahan dinas.

      Pembangunan PDAM tidak berhenti disitu saja. Peningkatan pelayanan terus dikembangkan oleh PDAM dengan membuka cabang di Rogojampi yang pembangunannya oleh Departemen Pekerjaan Umum Jawa Timur melalui Proyek Peningkatan Sarana Air Bersih (PPSAB) yang meliputi pembangunan gedung dan instalasi/jaringan air minum dengan debit air 20 lt/detik. Selanjutnya, pada tahun 1990, penambahan bahan baku air minum terus dilakukan dengan membangun Broncaptering Sumber Gedor II dengan kapasitas produksi 15 lt/dt.

      Pada tahun 1991, terjadi penyerahan pembangunan proyek air minum oleh Departemen Pekerjaan Umum dengan Proyek Peningkatan Sarana Air Bersih (PPSAB) Jatim di Muncar dengan kapasitas pompa 10 lt/dt, maka secara resmi PDAM Cabang Muncar dibuka untuk melayani kebutuhan air minum masyarakat Muncar.

      Tidak hanya untuk masyarakat Muncar, pelayanan air minum untuk kawasan kota Banyuwangi Utara terus ditingkatkan dengan membangun Tandon di Kalipuro volume 750 m3 dengan memanfaatkan Sumber Gedor I, II dan III.

      Pembangunan Broncaptering Sumber Pawon dengan produksi 40 lt/dt, Tandon Banjarsari volume 300 m3, jaringan pipa transmisi dan distribusi dari realisasi program P3KT guna memberikan pelayanan di kawasan Kota Banyuwangi selatan.

      PDAM terus mengalami perkembangan pesat sampai akhirnya pada tahun 2008, berbagai pengolahan sumber air di Kabupaten Banyuwangi didanai oleh APBN dengan kapasitas 60 lt/d dimanfaatkan 40 lt/d telah memberikan pasokan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air untuk wilayah-wilayah yang selama ini telah mengalami kekurangan air untuk masyarakat Banyuwangi.

       

      Alamat Kantor PDAM Kabupaten Banyuwangi

       

      PDAM Kabupaten Banyuwangi

      Jalan. Adi Sucipto No.44, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68418
      Telp. 0333 - 423615, 421525
      Fax: 0333-425180
      Website: www.pdambanyuwangi.co.id

       


       

      Cara Berlangganan Air PDAM Kabupaten Banyuwangi

       

      Berikut ini adalah prosedur pemasangan atau berlangganan Air PDAM Kabupaten Banyuwangi.

      1. Calon pelanggan baru bisa mendatangi ke kantor PDAM Kabupaten Banyuwangi dengan membawa persyaratan dokumen yang diperlukan seperti fotokopi KTP / SIM sebanyak 2 (dua) lembar.
      2. Mengisi formulir permohonan untuk menjadi pelanggan PDAM serta membayar biaya pendaftaran (bila ada).
      3. Petugas dari PDAM Kabupaten Banyuwangi akan mendatangi ke rumah kamu untuk melakukan survei pemasangan.
      4. Jika perencanaan anggaran biaya pemasangan telah selesai, pihak PDAM Kabupaten Banyuwangi akan memanggil calon pelanggan baru untuk menyetujuinya.
      5. Petugas teknis PDAM Kabupaten Banyuwangi akan datang ke lokasi untuk melaksanakan pemasangan pipa air minum dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari kerja setelah pembayaran pemasangan baru diselesaikan
      6. Air PDAM akan langsung mengalir dan bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari.

      Prosedur pemasangan atau pendaftaran PDAM di atas bisa berbeda-berbeda tergantung kebijakan kantor PDAM setempat.

       

      Cara Cek Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi Online

       

      Kamu dapat cek tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi melalui website Tokopedia dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

      1. Masuk ke halaman Tokopedia Tagihan PDAM.
      2. Masukkan nomor meter atau nomor pelanggan.
      3. Pilih Kabupaten Banyuwangi dalam kolom nama kota atau kabupaten tempat kamu berlangganan air.
      4. Klik tombol “Beli/Bayar”, jika nomor pelanggan yang kamu masukkan benar, maka akan muncul rincian tagihan rekening air PDAM-mu secara lengkap.

      Atau, kamu juga dapat mengunjungi laman resmi PDAM Kabupaten Banyuwangi dan mengakses menu cek tagihan (http://www.pdambanyuwangi.co.id/index.php/Berita/cektagihan). Kamu akan diminta untuk mengisikan nomor SP serta bulan dan tahun tagihan yang ingin kamu cek.

       

      Cara Bayar PDAM Kabupaten Banyuwangi Online di Tokopedia

       

      Untuk membayar PDAM online, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

      1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Air PDAM.
      2. Pilih wilayah tempat tinggal, lalu masukkan nomor tagihan pelangganmu pada kolom yang sudah disediakan oleh Tokopedia.
      3. Klik tombol Beli/Bayar, selanjutnya, akan muncul detail tagihan PDAM yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
      4. Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Dan yang paling menarik, kamu bisa bayar tagihan PDAM melalui Tokopedia lewat Alfamart dan Indomaret.

       

      Cara Bayar Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi dengan Aplikasi Tokopedia

       

      Berikut cara pembayaran PDAM Kabupaten Banyuwangi di Tokopedia dengan aplikasi Tokopedia:

      1. Buka aplikasi Tokopedia di ponsel kamu. Apabila belum ada, kamu dapat mengunduhnya terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store.
      2. Buka produk digital Tagihan Air PDAM.
      3. Pilih Kabupaten Banyuwangi sebagai wilayah tempat tinggal.
      4. Masukkan nomor tagihan pelanggan kamu pada kolom yang sudah tersedia.
      5. Klik tombol Beli/Bayar.
      6. Selanjutnya, akan muncul rincian pembayaran PDAM yang harus kamu bayar. Klik tombol Lanjut.
      7. Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
      8. Sistem akan segera memproses pembayaran Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi kamu dan mengirimkan notifikasi pembayaran sukses dilakukan.

      Cara Bayar Tagihan PDAM Banyuwangi dengan Pembayaran di Indomaret

       

      Berikut cara pembayaran PDAM Kabupaten Banyuwangi dengan metode via Indomaret:

      1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Air PDAM.
      2. Pilih Kabupaten Banyuwangi sebagai wilayah tempat tinggal, lalu masukkan nomor tagihan pelangganmu pada kolom yang sudah disediakan oleh Tokopedia.
      3. Klik tombol Beli/Bayar, selanjutnya, akan muncul detail tagihan PDAM yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
      4. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      5. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
      6. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran.

      Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika kamu tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan PDAM-mu akan dianggap batal.

       

      Cara Bayar Tagihan PDAM Banyuwangi dengan Pembayaran di Alfamart

       

      Berikut cara pembayaran PDAM dengan metode via Alfamart:

      1. Buka laman website Tokopedia Tagihan Air PDAM.
      2. Pilih Kabupaten Banyuwangi sebagai wilayah tempat tinggal, lalu masukkan nomor tagihan pelangganmu pada kolom yang sudah disediakan oleh Tokopedia.
      3. Klik tombol Beli/Bayar, selanjutnya, akan muncul detail tagihan PDAM yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
      4. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
      5. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
      6. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
      7. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran

      Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika kamu tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan PDAM-mu akan dianggap batal.

      Frequently Asked Questions (F.A.Q)

       

      Q : Berapa Tarif Air PDAM Kabupaten Banyuwangi?

       

      Berikut merupakan tarif air PDAM Kabupaten Banyuwangi yang ditentukan berdasarkan jenis pelanggan, pemakaian minimum, dan tarif progresif.

       

      JENIS PELANGGAN

      KODE

      PEMAKAIAN MINIMUM

      KLASIFIKASI TARIF PROGRESIF

      KELOMPOK I

      Sosial Umum

      Sosial Khusus A

      Sosial Khusus B

      Rumah Tangga 1

      S 1

      S 2

      S 3

      R 1

      10

      10

      10

      10

      0 – 10

      530

      530

      700

      700

      11 – 20

      530

      700

      900

      900

      > 21

      530

      962,5

      1.400

      1.400

      KELOMPOK II

      Rumah Tangga 2

      Rumah Tangga 3

      Rumah Tangga 4

      Instansi Pemerintah

      R 2

      R 3

      R 4

      I P

      10

      10

      10

      10

      1.875

      2.300

      2.530

      2.730

      2.300

      2.730

      2.960

      3.160

      3.370

      3.830

      4.060

      4.230

      KELOMPOK III

      Niaga Kecil

      Niaga Sedang

      Niaga Besar

      Industri Kecil

      Industri Sedang

      Industri Besar

      N 1

      N 2

      N 3

      I 1

      I 2

      I 3

      10

      10

      10

      10

      10

      10

      3.420

      3.960

      4.550

      5.700

      9.630

      13.570

      3.960

      4.270

      4.550

      9.630

      11.600

      13.570

      5.680

      7.090

      8.490

      14.430

      16.120

      17.820

      KELOMPOK KHUSUS

      Non Komersial

      Komersial

      K 1

      K 2

      Setiap M3

      10.990

      21.970


      Q : Kapan Saya Bisa Membayar Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi?

       

      Pembayaran tagihan PDAM di Tokopedia dapat kamu lakukan kapan saja setelah tagihan dikeluarkan oleh pihak PDAM Kabupaten Banyuwangi. Walaupun demikian, beberapa daerah mungkin memberlakukan aturan tertentu mengenai waktu pembayaran. Untuk informasi lebih lengkap, silakan lihat syarat dan ketentuan pembayaran tagihan PDAM.

       

      Q : Apakah Saya Bisa Membayar PDAM Kabupaten Banyuwangi pada Hari Sabtu, Minggu atau Tanggal Merah?

       

      Tidak perlu khawatir, kamu bisa, kok, membayar tagihan PDAM di Tokopedia kapan saja termasuk pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Namun perlu diketahui, beberapa PDAM mungkin akan melakukan verifikasi pada hari kerja berikutnya.

       

      Kendala Seputar Tagihan Air PDAM

       

      Pembayaran Sudah Berhasil Namun Tagihan PDAM Kabupaten Banyuwangi Masih Muncul

       

      Apabila pembayaran tagihan yang kamu lakukan sudah dinyatakan berhasil oleh pihak Tokopedia, namun tagihan pembayaran masih muncul, kamu bisa langsung menghubungi pihak PDAM Kabupaten Banyuwangi agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

      Jika terdapat kendala lebih lanjut dan tagihan masih muncul, kamu bisa menghubungi Customer Care Tokopedia.

       

      ID Pelanggan PDAM Kabupaten Banyuwangi Tidak Ditemukan

       

      ID pelanggan digunakan untuk menentukan total tagihan berjalan yang harus kamu bayarkan. Ketika kamu melakukan pembayaran atau cek tagihan PDAM online di Tokopedia, pastikan kamu telah memasukan ID pelanggan yang sesuai agar pembayaran dapat dilakukan. Hubungi Customer Care Tokopedia jika ID pelanggan tidak ditemukan saat akan lakukan pembayaran.

       

      Syarat dan Ketentuan Pembayaran Air PDAM Banyuwangi

       

      Berikut Syarat dan Ketentuan pembayaran tagihan air di Tokopedia:

      1. Pastikan kamu sudah memiliki akun Tokopedia dan sudah melakukan verifikasi nomor handphone
      2. Pengguna akan dikenakan biaya administrasi berkisar antara Rp1.500,- (Seribu lima ratus rupiah) – Rp2.500,- (Dua ribu lima ratus rupiah) bergantung pada kebijakan masing-masing PDAM Wilayah.
      3. Biaya administrasi dikenakan per tagihan bulanan. Jadi, jika kamu melakukan pembayaran 2 bulan tagihan air PDAM dalam satu transaksi, kamu akan dikenakan 2x biaya administrasi.
      4. Dalam 1 transaksi, jumlah total tagihan yang ditampilkan adalah seluruh komponen biaya yang meliputi akumulasi seluruh tagihan bulanan yang belum terbayarkan, denda (bila ada), dan biaya administrasi.
      5. Pembayaran tagihan air PDAM yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo setiap bulannya akan dikenakan denda. Penetapan tanggal jatuh tempo pada masing-masing PDAM berbeda dan bergantung pada kebijakan PDAM Kabupaten Banyuwangi.
      6. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembayaran tagihan air PDAM Kabupaten Banyuwangi yang dikarenakan kesalahan input nomor pelanggan atau nomor meteran oleh pengguna.
      7. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak memberikan data tersebut ke pihak manapun.
      8. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.
      9. Pembayaran tagihan air PDAM Kabupaten Banyuwangi sebaiknya dilakukan antara pukul 07.00 – 19.00 WIB.
      10. Proses verifikasi pembayaran tagihan air PDAM Kabupaten Banyuwangi bisa membutuhkan waktu hingga 2×24 jam.
      11. Informasi lebih lanjut seputar pembayaran dan hal yang berkaitan dengan tagihan air PDAM dapat ditanyakan langsung pada pihak PDAM Kabupaten Banyuwangi.