Tokopedia Digital
Masuk
PulsaPulsa
Paket DataPaket Data
Listrik PLNListrik PLN
Tiket PesawatTiket Pesawat
Uang ElektronikUang Elektronik
VouchersVouchers
Angsuran KreditAngsuran Kredit
TelkomTelkom
Tagihan GasTagihan Gas
Internet & TV KabelInternet & TV Kabel
StreamingStreaming
lainnyalainnya
Promo
Belajar
Voucher Belajar
star review
Pengalaman bayar Belajar di Tokopedia
4.85/5
starstarstarstarstar
11316 ulasan

Belajar Menjahit untuk Pemula dengan Mudah dan Cepat Hanya di Tokopedia

Belajar Menjahit dengan Mudah di Tokopedia Aja!

Menjahit bisa jadi hobi yang menyenangkan, lho! Kamu bisa menjahit apapun yang kamu inginkan, dari bandana, sarung bantal, selimut, sampai pakaian. Kreasi jahitan kamu juga bisa jadi hadiah yang menarik untuk orang lain. Untuk bisa menjahit, kamu perlu kesabaran yang ekstra dan juga latihan yang berkali-kali. Karena practice makes perfect, jadi yuk coba belajar menjahit mulai dari sekarang!

Ada banyak sekali tempat kursus yang siap membantu kamu belajar menjahit dalam waktu singkat. Melalui Tokopedia yang sudah bekerja sama dengan beberapa tempat kursus tersebut akan bantu kamu belajar dengan baik. Pembayaran voucher belajar menjahit bisa melalui aplikasi maupun situs resmi Tokopedia lho, Toppers. Metode pembayaran biaya ini mudah, dapat menggunakan OVO, Kartu Kredit, Kartu Debit, Virtual Account berbagai bank sampai di Minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Selain menawarkan kemudahan, Tokopedia juga menawarkan harga menarik dengan memberikan promo yang dapat menghemat pengeluaran kebutuhanmu. Yuk, segera lakukan pembayaran voucher belajar di Tokopedia!

Selain berbagai layanan pembayaran voucher belajar menjahit dan voucher edukasi lainnya, ada banyak produk digital lainnya di Tokopedia yang akan permudah transaksi sehari-harimu mulai dari pembayaran tagihan pajakkartu kreditpulsa hingga beli token listrik bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat hanya di Tokopedia!

Penuhi Semua Kebutuhan, #MulaiAjaDulu dari Tokopedia

Tahu nggak? Sekarang kamu bisa beli ini itu, bayar ini itu, lewat aplikasi Tokopedia! Yuk download aplikasinya di smartphone kamu sekarang!

Daftar Portal E-Learning / Lembaga Pendidikan di Tokopedia Belajar

Purwadhika
Purwadhika
Studilmu
Studilmu
Quipper Video
Quipper Video
Zenius Education
Zenius Education
Ruangguru
Ruangguru
Algoritma
Algoritma
Tridaya Online
Tridaya Online
Sony Sugema College
Sony Sugema College
Squline
Squline
Squiline
Cakap

Produk Digital Lainnya

Paket DataVoucher BelanjaToken ListrikStreamingIndihomeBelajar Darwis TriadiBelajar PakarBelajar MarketeersFirstmediaTop Up Free FireiTunes Gift CardGoogle Play Gift CardMNC VisionVoucher Kintan BuffetPajak PBB

Pilihan Lainnya

Tentang Menjahit

Menjahit adalah sebuah kerajinan mengikat atau menyatukan benda menggunakan jahitan yang dibuat dengan benang dan jarum. Walaupun mirip, tapi aktivitas menjahit ini berbeda dengan merajut dan menyulam. Selain itu, menjahit juga dapat dilakukan menggunakan pola kertas atau tanpa pola. Kamu juga bisa memperbaiki barang-barang yang sobek atau rusak dengan menjahitnya kembali.

Menjahit bisa jadi hal yang sederhana ataupun rumit, tergantung seberapa detail suatu pola yang digunakan. Secara umum, celana termasuk lebih sulit dibuat daripada baju. Beberapa benda yang dianggap lebih mudah dibuat oleh pemula adalah sarung bantal, celemek, rok, atau taplak meja. 

Menjahit juga telah menjadi kebutuhan dalam budaya dan masyarakat selama jutaan tahun. Zaman dahulu, orang menjahit menggunakan kulit binatang untuk dijadikan pakaian, karena fungsinya sebagai penghangat. Selama ribuan tahun pula, menjahit selalu dilakukan dengan tangan, hingga ditemukannya mesin jahit di abad ke-19. Namun, menjahit dengan tangan masih dilakukan di seluruh dunia hingga saat ini.

Alat Dasar Menjahit untuk Pemula

Untuk bisa belajar menjahit, kamu perlu melengkapi dulu beberapa peralatan dasarnya, nih. Berikut adalah perlengkapan dasar untuk belajar menjahit:

  1. Kain
  2. Gunting atau alat potong lainnya
  3. Penggaris
  4. Pendedel benang
  5. Jarum jahit dan jarum pentul
  6. Benang
  7. Karbon kain dan rader
  8. Kapur kain
  9. Kertas pola dan pensil
  10. Meteran jahit

Keterampilan Dasar Belajar Menjahit untuk Pemula

Pernah terpikir untuk belajar menjahit? Mungkin awalnya kamu tidak tahu harus mulai dari mana dan bingung harus menjahit apa. Nah di bawah ini, ada beberapa penjelasan tentang keterampilan dasar yang perlu kamu kuasai saat belajar cara menjahit. 

1. Pelajari ilmu-ilmu dasar dari menjahit

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah belajar dan memahami istilah-istilah dalam menjahit. Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, kamu juga bisa lho belajar dari buku belajar menjahit, yang bisa kamu temukan di sini. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memulai praktik langsung.

2. Belajar memasukkan benang ke jarum

Walau awalnya tidak mudah, tapi langkah ini memang membutuhkan banyak latihan agar kamu terbiasa. Ada beberapa hal yang bisa membantu kamu memasang benang pada jarum dengan lebih mudah. Pertama, kamu dapat menggunakan gunting jahit yang tajam untuk memotong benang. Kamu juga perlu menyesuaikan panjang benang, karena jika terlalu pendek, maka benang akan sulit untuk dimasukkan ke jarum.

3. Membuat jahitan lurus

Belajar menjahit dengan membuat jahitan lurus sangat penting karena memang ini menjadi dasarnya. Langkah ini tidak dapat dilewati dalam proses penguasaan keterampilan menjahit.

4. Menjahit kancing

Salah satu keterampilan yang paling banyak digunakan dalam menjahit adalah menambahkan kancing atau mengganti kancing pada pakaian. Terdapat banyak kreasi yang memerlukan kancing. Sehingga, tidak ada salahnya untukmu belajar cara menjahitnya!

5. Menggunakan pola

Terkadang kamu terinspirasi untuk menjahit dari barang tertentu. Nah, akan lebih mudah jika menggunakan pola untuk membuat hal seperti itu. Jadi, sangat penting juga untuk mempelajari cara membaca atau cara menggunakan pola.

6. Belajar ikat simpul

Saat kamu menjahit barang apa pun itu, kamu harus tahu cara memasang benang pada jarum dan membuat ikatan simpul di akhir. Langkah ini sangat penting lho, karena jika jahitan akhir tidak diikat, maka tali benang akan longgar.

Ide Kreasi Menjahit yang Sederhana untuk Pemula

Kamu ingin mulai belajar menjahit dengan mudah? Di sini ada beberapa ide kreasi menjahit yang dapat dilakukan oleh pemula. Meskipun bagi pemula ini mungkin butuh waktu yang tidak sebentar, tapi kamu bisa mencoba menyelesaikannya dengan menyenangkan.

  1. Masker
  2. Pembatas buku
  3. Casing kacamata
  4. Sarung bantal
  5. Rok karet
  6. Scarf / syal
  7. Selimut kecil
  8. Taplak meja
  9. Headband
  10. Gantungan kunci

Manfaat Belajar Menjahit

Menjahit adalah hobi yang harus kamu tambahkan ke daftar kamu lho! Karena, menjahit telah membuktikan adanya banyak manfaat kesehatan. Nah, inilah kenapa kamu harus coba belajar menjahit mulai dari sekarang!

1. Penghilang stres

Menjahit dapat mengurangi stres dan kecemasan. Menjahit juga bisa menjadi sarana meditasi kamu, lho. Mungkin dengan melakukannya, kamu dapat lebih rileks dan menikmati apa yang kamu kerjakan. Dengan berkonsentrasi pada jahitan, kamu mungkin dapat melepas lelah.

2. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Kalau kamu ingin meningkatkan keterampilan motorik kamu, terutama tangan dan mata, maka kamu bisa belajar menjahit! Perhatian yang kamu berikan terhadap detail kain, mendorong koordinasi antara tangan dan mata, serta bisa mengurangi masalah fisik, seperti sakit punggung.

3. Melatih otak lebih fokus dan aktif

Menjahit pastinya butuh kreativitas, yang mana meningkatkan kemampuan otak untuk semakin aktif mencari ide. Otak juga dapat menjadi lebih fokus ketika kamu sedang menjahit.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Hasil kreasi jahitan kamu ternyata juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, lho! Terlebih lagi jika hasilnya memuaskan dan sesuai keinginanmu, pasti kamu akan merasa bangga untuk menggunakannya, karena itu hasil karyamu.

Cara Pembelian Voucher Belajar Menjahit di Tokopedia

Membeli voucher belajar menjahit di Tokopedia merupakan salah satu cara paling aman jika kamu mencari lembaga kursus via online. Di Tokopedia, kamu dapat mengakses banyak layanan kursus yang bisa kamu bandingkan satu sama lain. Terlebih lagi, Tokopedia sudah bekerja sama dengan banyak lembaga kursus terpercaya yang bisa kamu andalkan. Jadi, kamu dapat membeli voucher kursus tersebut melalui situs maupun aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Kunjungi halaman belajar Tokopedia
  2. Pilih e-voucher yang tertera di beberapa lembaga pembelajaran menjahit di situs Tokopedia.
  3. Pilih metode pembayaran dan selesaikan pembayaran dengan cara membayar melalui OVO, kartu kredit ataupun debit, m-banking, atau di gerai retail pilihan seperti Alfamart/Indomaret.
  4. Setelah transaksi berhasil, link e-voucher akan dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone yang terverifikasi di akun Tokopedia-mu.
  5. Voucher-mu sudah siap digunakan untuk memulai kursus.

Syarat dan Ketentuan Pembelian Voucher Belajar Menjahit di Tokopedia

Jika kamu membeli voucher kursus belajar menjahit melalui Tokopedia, jangan lupa untuk memperhatikan syarat dan ketentuan berikut ya, Toppers.

  1. Dalam satu kali transaksi, pembeli hanya bisa melakukan 1 kali pembelian voucher kursus belajar menjahit serta pembayaran. Jika ingin membeli voucher kursus lainnya, diharapkan melunaskan pembayaran transaksi pertama.
  2. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembelian voucher yang disebabkan oleh pengguna.
  3. Mohon tidak pernah memberikan data pribadi berupa email dan password pengguna demi keamanan bersama.
  4. Harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti aturan yang berlaku.
  5. Pembeli bertanggung jawab atas voucher belajar menjahit yang telah dibeli melalui Tokopedia.
Keamanan
PCI LogoVisa LogoMastercard LogoJ/Secure LogoTKP Trust Logo
Download
Get it on Google PlayDownload on the App Store