Beli Token atau Bayar Tagihan Listrik
Jenis Produk Listrik
Token Listrik
Tagihan Listrik

Mengenal Lebih Dekat PT PLN Online dan Layanannya Mulai Aja Dulu dari Tokopedia

Profil dan Layanan PT PLN (Persero)

Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurus segala hal berkaitan dengan kelistrikan di Indonesia, mulai dari produksi hingga distribusi dan pengelolaan hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia. PLN tidak hanya menyelenggarakan tenaga listrik untuk penggunaan rumah tangga dan fasilitas umum, juga menyediakan listrik bagi industri dalam skala besar. Mengikuti perkembangan zaman, perusahaan yang memiliki logo petir ini telah bertransformasi menjadi PLN Online. Website PLN yang beralamatkan di www.pln.co.id menyediakan berbagai fasilitas online seperti pengecekan listrik, sambungan baru, pasang baru, pengaduan dan lainnya.

PT PLN memiliki visi perusahaan yakni:

“Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan terpercaya dengan Bertumpu pada Potensi Insani“

Sedangkan misi dari PT PLN adalah sebagai berikut:

Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait; berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham; Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat; Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi; Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan.

Pada tahun 2015, PT PLN berhasil mendistribusikan 176,4 TWh listrik, menjadikan perusahaan BUMN tersebut sebagai salah satu penghasil listrik terbesar di Asia. Saat ini PT PLN terus mengembangkan dan berinovasi dalam pelayanan kelistrikan untuk kepentingan umum.

Salah satu inovasi dalam sektor kelistrikan yang berhasil dicapai oleh PLN adalah tersedia layanan listrik prabayar yang biasa disebut Listrik Pintar dan juga PLN Online dimana masyarakat bisa membeli kredit listrik secara online dan melakukan pembayaran tagihan listrik online baik pascabayar maupun prabayar.

Penuhi Semua Kebutuhanmu, Dimulai dari Tokopedia

Segala kebutuhan harianmu kini bisa kamu dapetin di Tokopedia. Mau apa pun ada di sini mulai dari pulsa, paket data, bayar listrik PLN online, BPJS online, voucher game, top up e-money hingga tiket pesawat. Hidup makin praktis dengan Tokopedia. Yuk, cek Tokopedia sekarang!

Sejarah PT PLN

Sejarah perusahaan kelistrikan di Indonesia bermula pada akhir abad ke-19 ketika penduduk kolonial Belanda menciptakan mesin generator penghasil tenaga listrik pertama. Perusahaan energi listrik milik Belanda pada awalnya menghasilkan listrik yang didistribusikan untuk keperluan produksi di pabrik teh dan pabrik gula. Perusahaan penghasil listrik tersebut akhirnya mengembangkan dan mendistribusikan listrik ke sektor publik.

Memasuki era Perang Dunia II, Jepang masuk ke Indonesia dan menggeser kedudukan Belanda. Di tahun 1942 sampai 1945, terjadi peralihan pengelolaan berbagai perusahaan Belanda ke tangan Jepang setelah Belanda menyerah kepada pasukan tentara Jepang di Indonesia.

Jepang mengalami kekalahan telak dari aliansi negara-negara sekutu di Perang Dunia II dan terjadi proses peralihan kekuasaan kembali tepatnya pada bulan Agustus 1945. Para pemuda dan golongan buruh perusahaan Listrik dan Gas memanfaatkan momen peralihan kekuasaan Jepang pada sekutu untuk menjadikan perusahaan pembangkit listrik tersebut milik Pemerintah Republik Indonesia.

Tepat pada tanggal 27 Oktober 1945, Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas yang bekerja di bawah supervisi Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik sebesar 157,5 MW.

Di awal tahun 1961, Perusahaan bernama Jawatan Listrik dan Gas berubah menjadi Badan Pemimpin Umum Perusahaan Listrik Negara (BPU-PLN), sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di sektor industri listrik serta mengelola bidang usaha gas negara dan kokas. Namun keberadaan BPU-PLN tidak bertahan lama. 4 tahun kemudian tepatnya pada tanggal 1 Januari 1965, BPU-PLN secara resmi dibubarkan. Hal ini beriringan dengan peresmian dua perusahaan milik negara yaitu Perusahaan Listrik Negara atau PLN yang bertugas sebagai pengelola tenaga listrik serta distribusinya dan Perusahaan Gas Negara sebagai pengelola energi yang berasal dari gas bumi.

Pada masa awal terbentuknya, PT PLN memiliki kapasitas produksi 300 MW dan terus mengalami perkembangan yang pesat hingga saat ini. Di tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17, status PLN ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan listrik bagi kepentingan umum dan negara.

Layanan PLN

Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyediakan bermacam-macam layanan untuk memenuhi kebutuhan listrik kepentingan umum. Saat ini, tersedia layanan PLN Online dimana Anda bisa melakukan pengecekan tagihan listrik PLN, pengajuan permohonan pasang baru PLN, dan pengaduan PLN. Berikut ini adalah layanan PLN Online yang bisa kamu manfaatkan:

Pendaftaran PLN Online Layanan Listrik Prabayar

Tidak perlu repot mengajukan permohonan pasang baru PLN prabayar dengan berkunjung ke kantor cabang karena kamu dapat melakukan pendaftaran PLN Online di mana saja. Kunjungi situs web PLN Online untuk informasi lebih lengkap.

Perubahan Daya

Jika kamu membutuhkan kapasitas listrik yang lebih besar untuk kebutuhan rumah tangga atau industri, kamu bisa mengajukan perubahan daya melalui layanan PLN Online.

Arti Logo PLN

Berdasarkan catatan yang dicantumkan pada Lampiran Surat Keputusan Direksi Perusahaan Umum Listrik Negara Nomor 031/DIR/76 tepatnya pada tanggal 1 Juni 1976 mengenai Pembakuan Lambang Perusahaan Umum Listrik Negara, berikut ini adalah arti logo PT PLN Persero yang dimaknai berdasarkan elemen visual pembentuk logo keseluruhan.

 

 

1. Bidang Persegi Panjang Vertikal

Menjadi bidang dasar bagi elemen-elemen lambang lainnya, melambangkan bahwa PT PLN Persero merupakan wadah atau organisasi yang terorganisir dengan sempurna. Berwarna kuning untuk menggambarkan pencerahan, seperti yang diharapkan PLN bahwa listrik mampu menciptakan pencerahan bagi kehidupan masyarakat. Kuning juga melambangkan semangat yang menyala-nyala yang dimiliki tiap insan yang berkarya di perusahaan ini.

2. Petir atau Kilat

Melambangkan tenaga listrik yang terkandung di dalamnya sebagai produk jasa utama yang dihasilkan oleh perusahaan. Selain itu petir pun mengartikan kerja cepat dan tepat para insan PT PLN Persero dalam memberikan solusi terbaik bagi para pelanggannya. Warnanya yang merah melambangkan kedewasaan PLN sebagai perusahaan listrik pertama di Indonesia dan kedinamisan gerak laju perusahaan beserta tiap insan perusahaan serta keberanian dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

3. Tiga Gelombang

Memiliki arti gaya rambat energi listrik yang dialirkan oteh tiga bidang usaha utama yang digeluti perusahaan yaitu pembangkitan, penyaluran dan distribusi yang seiring sejalan dengan kerja keras para insan PT PLN Persero guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggannya. Diberi warna biru untuk menampilkan kesan konstan (sesuatu yang tetap) seperti halnya listrik yang tetap diperlukan dalam kehidupan manusia. Di samping itu biru juga melambangkan keandalan yang dimiliki insan-insan perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya.

Alamat Kantor PLN

Untuk mengajukan pemasangan baru PLN atau memiliki kendala sehingga membutuhkan layanan pengaduan PLN, kamu bisa langsung mengunjungi kantor cabang PLN yang melayani berbagai permohonan pemasangan baru PLN dan layanan pengaduan PLN. Berikut ini adalah Alamat Kantor PLN di beberapa pusat kota di Indonesia.

Alamat Kantor Pusat PLN Jakarta

Jalan Trunojoyo Blok M–I No 135
Kebayoran Baru, Jakarta 12160, Indonesia

Alamat Kantor Pusat PLN Tangerang, Distribusi Banten

Jalan Jendral Sudirman No.1, Babakan,
Tangerang, Sukasari, Kecamatan Tangerang,
Sukasari, Kec. Tangerang,
Kota Tangerang, Banten 15118

Alamat Kantor PLN Bandung, Distribusi Jawa Barat

Jl. Asia Afrika No.63, Braga,
Sumur Bandung, Kota Bandung,
Jawa Barat 40111

Alamat Kantor PLN Medan

Jalan Komodor Laut Yos Sudarso No. 284,
Martubung, Medan Labuhan, Glugur Kota,
Medan Bar., Kota Medan,
Sumatera Utara 20252

Alamat Kantor PLN Surabaya

Jalan Gemblongan No.64, Alun-alun Contong,
Bubutan, Alun-alun Contong,
Bubutan, Kota SBY,
Jawa Timur 60174

Alamat Kantor PLN Jogja

Jl. Gedongkuning No.3,
Banguntapan, Bantul,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Alamat Kantor PLN Palembang

Jl. Klp. Gading, Karya Baru,
Alang Alang Lebar,
Kota Palembang,
Sumatera Selatan 30961

Alamat Kantor PLN Bali

Jl. Letda Tantular No.1,
Dangin Puri Klod, Denpasar Timur
Kota Denpasar, Bali 80234

Alamat Kantor PLN Makassar

Jalan Letjen Hertasning No. 99,
Tamalate, Rappocini, Bonto Makkio,
Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90222

Alamat Kantor PLN Jakarta Selatan

Jalan Trunojoyo Blok M - I No 135, RT.6/RW.2,
Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12160

Untuk informasi lengkap mengenai alamat kantor PLN, kamu bisa mengunjungi website PLN atau menghubungi sosial media PLN 123.

Listrik Prabayar vs Pascabayar

PT PLN Persero menawarkan alternatif pembayaran layanan kelistrikan dengan sistem listrik prabayar, yang ditujukan agar masyarakat dapat mengontrol penggunaan listrik. Berbeda dengan listrik pascabayar, pelanggan listrik prabayar dari PLN harus terlebih dahulu membeli token listrik. Apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan listrik prabayar vs pascabayar?

Listrik PLN Pascabayar

Sudah sangat jauh sebelum listrik PLN Prabayar diberlakukan, listrik PLN Pascabayar telah menerangi Indonesia. Keunggulan dari listrik PLN Pascabayar adalah ketersediaan listrik yang tidak memerlukan pelanggan melakukan isi ulang kredit listrik. Namun, sebagai gantinya, pelanggan harus melakukan pembayaran tagihan listrik setiap akhir bulan dan jika tidak tepat waktu melakukan pembayaran tagihan listrik maka pihak PLN berhak memutus aliran listrik hingga kamu melakukan pelunasan iuran.

Juga sering terjadi permasalahan yaitu petugas yang salah mencatat angka pada meteran yang berujung tagihan membengkak.

Listrik PLN Prabayar

Mengontrol pengeluaran dan penggunaan listrik jauh lebih praktis dengan listrik PLN Prabayar. Kamu akan terhindar dari membengkaknya biaya penggunaan listrik. Tidak akan ada kasus pemutusan aliran listrik akibat lupa membayar tagihan listrik dengan PLN Prabayar.

Pembayaran tagihan Listrik PLN Pascabayar maupun kredit Listrik PLN Prabayar dapat dilakukan di Tokopedia PLN!

Anak Usaha PLN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT PLN Persero dalam rangka mengembangkan bisnis dan meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kelistrikan mendirikan berbagai anak perusahaan. Berikut ini adalah Anak Perusahaan PLN yang bergerak di bawah supervisi PT PLN Persero.

  1. PT Indonesia Power (IP)
  2. PT Pembangkitan Jawa Bali
  3. PT Pelayanan Listrik Nasional Batam
  4. PT Indonesia Comnets Plus
  5. PT PLN Tarakan
  6. PT PLN Batubara
  7. PT PLN Geothermal
  8. PT Prima Layanan Nasional Enjiniring
  9. PT Majapahit Holding BV
  10. PT Haleyora Power
  11. PT Pelayaran Bahtera Adhiguna

Biaya & Persyaratan Pendaftaran PLN

Berikut ini persyaratan yang kamu perlu persiapkan sebelum melakukan pendaftaran pemasangan listrik PLN:

  1. Gambar denah atau peta dari lokasi bangunan yang akan dipasang jaringan listrik.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Surat Ijin Mengemudi (SIM) sebagai bukti pihak yang mengajukan..
  3. Apabila pengajuan pemasangan listrik tidak dilakukan sendiri atau secara langsung oleh pihak yang bersangkutan maka perlu melampirkan Surat Kuasa (diwakilkan).
  4. Menyiapkan biaya untuk pemasangan listrik baru.

Biaya pemasangan listrik baru mengacu pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tahun 2014 adalah sebagai berikut :

Daya

Biaya

450 VA

Rp 421.000,00

900 VA

Rp 843.000,00

1.300 VA

Rp 1.218.000,00

2.200 VA

Rp 2.062.000,00

Cara Daftar dan Pasang Baru PLN Online

Tidak perlu capek mengantre dan mengajukan permohonan ke kantor cabang PLN, sekarang kamu bisa mengajukan permohonan pasang baru PLN Online. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan pendaftaran dan pasang baru PLN Online:

  1. Kunjungi laman web resmi PLN Online dan pilih opsi ‘Pasang Sambungan.’ Setelah kamu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh PT PLN, kamu akan diarahkan pada laman berikutnya yang terdiri dari kolom data pelanggan dan data pemohon. Isi data tersebut dengan lengkap untuk mempermudah dan mempercepat proses seleksi pengajuan.
  2. Setelah mengisi data pelanggan dan data pemohon, ada tabel berjudul Tarif/Daya Baru dimana kamu bisa memilih jenis layanan PLN yang diinginkan (Pascabayar atau Prabayar) dan kapasitas daya yang dibutuhkan. Klik hitung biaya untuk mengetahui tarif pasang baru PLN yang perlu kamu bayarkan.
  3. Jika sudah selesai memilih layanan PLN yang diinginkan, centang kotak kecil sebagai penanda bahwa kamu telah menyetujui ketentuan dan mengisi data dengan benar. Kemudian klik opsi ‘Simpan Permohonan.’
  4. Setelah disetujui, kamu akan menerima e-mail rincian detail biaya yang perlu kamu bayarkan lengkap dengan nomor registrasi. Lakukan pembayaran maksimal setelah 30 hari e-mail diterima.

Cara Berhenti Berlangganan PLN

Kamu perlu membuat surat lampiran permohonanan berhenti berlangganan PLN kepada pihak PLN yang mengurus distribusi wilayah tempat kamu berlangganan. Surat lampiran berisi alasan berhenti berlangganan, alamat lengkap, data diri, yang ditujukan kepada pimpinan kantor PLN setempat. Lampirkan pula fotokopi KTP, nomor pelanggan, dan peta rumah bersamaan dengan surat lampiran berhenti berlangganan PLN.

Pihak PLN akan menghubungi kamu setelah mereka mengulas permohonan yang kamu kirim apakah disetujui atau tidak.

Cara Meningkatkan / Menurunkan Daya PLN

Penambahan atau pengurangan daya listrik dapat dilakukan secara online maupun offline. Untuk pengajuan peningkatan atau menurunkan daya PLN secara online, begini caranya:

  1. Kunjungi laman web resmi PLN Online. Pilih menu ‘Ubah Daya.’ Setelah kamu membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan yang diberlakukan oleh PT PLN, kamu akan diarahkan pada laman berikutnya yang terdiri dari kolom data pelanggan dan data pemohon. Isi data tersebut dengan lengkap untuk mempermudah dan mempercepat proses seleksi pengajuan.
  2. Setelah mengisi data pelanggan dan data pemohon, ada tabel berjudul Tarif/Daya Baru dimana kamu bisa memilih jenis layanan PLN yang diinginkan (Pascabayar atau Prabayar) dan kapasitas daya yang dibutuhkan. Klik hitung biaya untuk mengetahui tarif pasang baru PLN yang perlu kamu bayarkan.
  3. Jika sudah selesai memilih layanan PLN yang diinginkan, centang kotak kecil sebagai penanda bahwa kamu telah menyetujui ketentuan dan mengisi data dengan benar. Kemudian klik opsi ‘Simpan Permohonan.’
  4. Setelah disetujui, kamu akan menerima e-mail rincian detail biaya yang perlu kamu bayarkan lengkap dengan nomor registrasi. Lakukan pembayaran maksimal setelah 30 hari e-mail diterima.

Keterangan:

  • Penurunan daya listrik hanya bisa dilakukan apabila pemohon memiliki surat keterangan miskin atau Kartu Keluarga Sejahtera. Jika tidak memiliki salah satu syarat di atas, maka permohonan tidak dapat direalisasikan.
  • Tidak dikenakan biaya untuk permohonan penurunan daya listrik.

Cara Membuat Pengaduan PLN

Ada beberapa alternatif dalam melakukan pengaduan layanan kelistrikan yang kamu gunakan. Untuk layanan pengaduan PLN Online dapat dilakukan dengan mengirimkan e-mail ke alamat e-mail resmi yang dapat dilihat pada laman ‘Kontak Kami’ di situs resmi PT PLN Persero. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan PLN Online melalui media sosial resmi yang dikelola oleh PLN.

Melalui media sosial Twitter, kirimkan kicauan pengaduan PLN dengan menyebutkan nama pengguna @pln_123. Jika menyampaikan pengaduan via media sosial Facebook, tinggalkan komentar atau keluhan Anda pada laman resmi PLN 123 di Facebook. Tim layanan pelanggan akan menjawab keluhan dan merespon pengaduan kamu di media sosial segera.

Pengaduan juga dapat dilakukan via telepon maupun ponsel. Lakukan panggilan ke 123 melalui telepon rumah (Tambahkan kode area jika melakukan panggilan via ponsel). Kamu akan dihubungkan ke layanan pelanggan milik PLN.

Frequently Asked Question (F.A.Q)

Berapa Tarif Listrik PLN?

Tarif listrik PLN selalu mengalami penyesuaian dari waktu ke waktu. Selain itu, tarif listrik tidaklah sama dipukul rata bagi setiap rumah tangga dan pengguna. Tarif listrik PLN dibagi ke dalam dua golongan utama yaitu golongan subsidi dan non subsidi. Berikut adalah tarif listrik rumah tangga PLN per 3 April 2018.

Golongan Rumah Tangga Tidak Mampu Berubsidi

  1. Rumah Tangga (RT) 450 Volt Amper (VA), Rp 415 / kWh
  2. RT 900 VA, Rp 586 / kWh

Golongan Rumah Tangga Nonsubsidi

  1. Rumah Tangga Mampu (RTM) 900 VA, Rp 1352 / kWh.

 

Apakah PLN Termasuk BUMN?

A: Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN Persero ditetapkan menjadi pengelola kelistrikan Republik Indonesia berdasarkan Undang Undang Ketenagalistrikan Nomor 15 Tahun 1985 yang menjelaskan bahwa segala kelistrikan dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara. PT PLN Persero termasuk ke dalam kategori BUMN.

Tokopedia PLN Tersedia untuk Memudahkanmu

Sudah bukan masanya lagi untuk berlama-lama dan menunggu antrean di setiap awal bulan, membayar listrik PLN di kantor cabang atau loket pembayaran listrik PLN. Zaman sudah berubah, perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam berbagai aspek, termasuk pula membayar listrik PLN.

Tokopedia PLN menyediakan jasa pembayaran PLN Online baik prabayar maupun pascabayar dengan beragam alternatif metode pembayaran yang bisa kamu pilih. Dapatkan juga berbagai cashback setiap kali melakukan pembayaran listrik PLN di Tokopedia PLN.

Bayar listrik PLN? Di Tokopedia PLN aja!