PulsaPulsa
Paket DataPaket Data
Listrik PLNListrik PLN
FlightFlight
E-MoneyE-Money
VouchersVouchers
DealsDeals
Angsuran KreditAngsuran Kredit
TelkomTelkom
Gas PGNGas PGN
Internet & TV KabelInternet & TV Kabel
lainnyalainnya
Pembayaran E-samsat Jawa Barat (PKB/SWDKLLJ) di Tokopedia

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lebih Mudah Melalui Samsat Online di Tokopedia

Mengapa Bayar Pajak Kendaraan Bermotor di Tokopedia?

Lupa belum melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)? Tak perlu khawatir, pakai fitur Samsat Online aja! Kamu bisa langsung menikmati kemudahan cek tagihan dan bayar PKB melalui Samsat Online di Tokopedia. Fitur layanan ini adalah hasil kerjasama dengan layanan perpajakan di Indonesia untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran PKB. Tidak perlu lagi, deh, membuang waktu berhargamu dengan antre berjam-jam di kantor Samsat karena sekarang bisa bayar PKB melalui Samsat Online hanya dengan beberapa sentuhan jari. Praktis, bukan?

Selain mudah dan praktis, metode pembayaran yang ditawarkan juga sangat beragam. Kamu dapat memilih untuk membayar Samsat Online lewat kartu kredit, debit ATM/Bank, Internet Banking, pembayaran instan, Virtual Account, OVO hingga di gerai minimarket langgananmu seperti Indomaret atau Alfamart terdekat. Dengan melunasi Samsat Online di Tokopedia, kamu juga berkesempatan untuk mendapat berbagai promo dan cashback di waktu-waktu tertentu.

Bayar samsat online tidak pernah semudah ini sebelumnya. Selain itu, transaksi pembayaran yang tersedia di Tokopedia juga ada berbagai macam. Kamu bisa melunasi produk-produk digital lain yang kamu butuhkan, mulai dari Tagihan Telepon, Pulsa, Angsuran atau Cicilan, Gas PGN, Tagihan PDAM, Tagihan PBB dan masih banyak lagi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, Mulai Aja Dulu taat wajib pajak dan lakukan pembayaran Samsat Online hanya di Tokopedia!

Saat ini hanya Pembayaran Samsat untuk wilayah Jawa Barat yang tersedia di Tokopedia.

Alur Pembayaran E-Samsat di Tokopedia

Flow cara pembayaran

Bayar Pajak Kendaraan Bermotor via E-Samsat #MulaiAjaDulu di Tokopedia

Toppers, sekarang bayar pajak kendaraan kesayangan kamu bisa dilakukan melalui Tokopedia, lho! Bayar pajak jadi lebih mudah kan? Yuk, cek e-Samsat di Tokopedia sekarang!

Apa itu Samsat?

Samsat merupakan kepanjangan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap. Sistem ini adalah suatu sistem administrasi terpadu yang melayani pengurusan dokumen kendaraan bermotor. Samsat dibentuk oleh instansi pemerintah untuk mempermudah, mempercepat dan memperlancar pelayanan serta pengurusan terkait kendaraan bermotor kepada masyarakat dalam naungan satu gedung. Adapun layanan yang berada dalam lingkup pelayanan Samsat adalah penerbitan Surat Tkamu Nomor Kendaraan (STNK) dan segala pemasukan uang ke kas negara melalui pajak yang meliputi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), dan Sumbangan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Ada tiga instansi pemerintah yang saling bekerjasama dalam menjalankan sistem terpadu satu atap ini, yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Setiap instansi pemerintah tersebut memiliki peran masing-masing. Polri bertanggungjawab dalam menerbitkan STNK, Dinas Pendapatan Provinsi berperan dalam menetapkan besaran PKB dan BBN-KB, serta PT Jasa Raharja berperan dalam mengelola SWDKLLJ.

Pelayanan Samsat

Apabila selama ini pelayanan Samsat identik dengan antrean panjang yang mengular di kantor pusat Samsat, ternyata ada beberapa pelayanan Samsat yang dapat dipilih untuk dapat menghindari hal tersebut. Ditlantas Polda Metro Jaya telah memudahkan masyarakat dalam membuat, mengesahkan, atau memperpanjang kelengkapan surat kendaraan bermotor. Saat ini, ada tujuh pelayanan Samsat yang dapat digunakan oleh masyarakat, yaitu:

Samsat Induk

Pelayanan Samsat yang satu ini masih terbilang konvensional, karena masyarakat harus datang sendiri ke kantor Samsat untuk kemudian mengantre di loket-loket yang telah disediakan, meliputi loket pendaftaran dan verifikasi serta loket pembayaran dan penyerahan. Semua proses dilakukan secara manual mulai dari mengisi formulir, fotokopi berkas, mengantre di loket, hingga melakukan pembayaran secara tunai.

Samsat Drive Thru

Dengan pelayanan ini, masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan mulai dari mengurus pendaftaran sampai membayar pajak kendaraan. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen penting seperti BPKB, STNK dan KTP asli.

Samsat Keliling

Apabila biasanya masyarakat yang mendatangi pihak Samsat, dengan pelayanan Samsat Keliling, pihak Samsat-lah yang menghampiri masyarakat. Pelayanan ini menggunakan mobil yang terparkir di berbagai lokasi strategis seperti pasar dan tempat keramaian lainnya.

Gerai Samsat

Pelayanan Samsat yang satu ini menyasar tempat pelayanan publik atau tempat keramaian lainnya seperti pusat perbelanjaan.

Samsat Kecamatan

Saat ini, pihak Samsat telah mengembangkan Samsat Kecamatan, yakni pelayanan yang tersedia di kantor kecamatan. Pelayanan ini terbatas hanya pada lima kecamatan di DKI Jakarta.

e-Samsat dan Samsat Online

Saat ini masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke Kantor Samsat karena dapat langsung mengakses pelayanan Samsat secara online. Pembayaran pun dapat dilakukan melalui ATM maupun layanan perbankan berbasis Internet lainnya.

Samsat Digital

Pelayanan Samsat yang satu ini menggunakan sistem elektronik atau digital untuk menyelesaikan semua proses mulai dari pendaftaraan, penerimaan data, hingga pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Sekilas Tentang Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan jenis pajak provinsi yang termasuk ke dalam bagian dari Pajak Daerah. Sesuai Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2009, Pajak Kendaraan Bermotor adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dilakukan di kantor bersama Samsat. Subjek Pajak Kendaraan Bermotor adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor. Sedangkan objek Pajak Kendaraan Bermotor ialah semua kendaraan bermotor beroda termasuk gandengannya yang dioperasikan di semua jenis jalan darat dan air.

Cara Mendapatkan Kode Bayar

a. SMS

  1. Kirim SMS ke 0811 211 9211 (SMS Gateway Server Dispenda Aplikasi Samsat).
  2. Ketik sms dengan format: esamsat [spasi] no.rangka [spasi] NIK/KTP.
  3. SMS balasan yang dikirim isinya: kode bayar, data kendaraan, dan jumlah tagihan.

Contoh Kode Bukti Bayar

User-added image

b. Aplikasi Sambara (Android)

Klik Info PKB.                                          

User-added image

Masukkan Nomor Polisi, Pilih kode plat kendaraan (hitam: kendaraan pribadi, kuning: kendaraan umum, merah: kendaraan pemerintah), Klik tombol Cari.    

User-added image

Informasi pajak kendaraan bermotor akan ditampilkan. Pastikan data sudah sesuai dengan data pengguna. Pilih Ya untuk melanjutkan daftar online. 

User-added image

Masukkan NIK / NPWP sesuai kepemilikan kendaraan yang tercatat pada STNK lalu Klik Proses.                                                                

User-added image

Apabila NIK / NPWP sesuai maka aplikasi akan menampilkan kode bayar. Kode bayar tersebut dapat digunakan untuk pembayaran. Mohon diingat bahwa kode bayar hanya berlaku 24 jam sejak kode bayar di terima.      User-added image

Cara Bayar Samsat Online di Tokopedia

Cara Bayar Samsat Online melalui Aplikasi Tokopedia

Kini, kamu tidak perlu takut terlambat bayar Samsat atau tidak bisa bayar Samsat karena kamu tidak sempat mengunjungi kantor Samsat. Tokopedia sudah menyediakan fasilitas bayar Samsat online hanya dengan ponsel atau komputer yang terhubung ke internet. Berikut cara bayar Samsat di Tokopedia:

  1. Buka laman website Tokopedia Samsat Online
  2. Masukkan kode bayar yang kamu dapatkan dari SMS / Aplikasi Aplikasi Sambara.
  3. Klik tombol Beli/Bayar, selanjutnya, akan muncul detail tagihan Samsat yang harus kamu bayar. Kemudian klik tombol Lanjut.
  4. Terakhir, pilih metode pembayaran melalui internet banking, kartu kredit, atau metode pembayaran instan seperti e-Pay BRI, Mandiri Clickpay, Klik BCA. Dan yang paling menarik, kamu bisa bayar tagihan Samsat melalui Tokopedia lewat Alfamart dan Indomaret.
  5. Tukarkan struk Anda di email Anda untuk SKPD di layanan Samsat Daerah Jabar, Polsek Wilayah Jabar, dan semua cabang Bank BJB.
  6. Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan SKPD.

Cara Bayar Samsat Online dengan Pembayaran di Indomaret

Berikut cara pembayaran Samsat online dengan metode via Indomaret:

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Samsat Online
  2. Masukkan kode bayar yang kamu dapatkan dari SMS / Aplikasi Aplikasi Sambara.
  3. Rincian tagihan Samsat yang belum terbayarkan akan muncul secara otomatis. Pastikan data rincian sudah benar.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Indomaret. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Indomaret terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran
  9. Tukarkan struk Anda di email Anda untuk SKPD di layanan Samsat Daerah Jabar, Polsek Wilayah Jabar, dan semua cabang Bank BJB.
  10. Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan SKPD.

Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan Samsat Online kamu akan dianggap batal.

Cara Bayar Samsat Online dengan Pembayaran di Alfamart

Berikut cara pembayaran Samsat online dengan metode via Alfamart:

  1. Kunjungi laman Tokopedia > Samsat Online.
  2. Masukkan kode bayar yang kamu dapatkan dari SMS / Aplikasi Aplikasi Sambara.
  3. Rincian tagihan Samsat yang belum terbayarkan akan muncul secara otomatis. Pastikan data rincian sudah benar.
  4. Akan muncul detail pembayaran, klik Lanjut.
  5. Pilih metode pembayaran Gerai Retail/Tunai, lalu pilih Alfamart. Klik Bayar Sekarang.
  6. Di halaman berikutnya akan muncul Kode Pembayaran.
  7. Tunjukkan kode tersebut ke kasir Alfamart/Alfamidi/Lawson terdekat untuk melakukan pembayaran. Pembeli akan dikenakan biaya administrasi Rp2.500.
  8. Kamu akan mendapatkan struk pembayaran. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran
  9. Tukarkan struk Anda di email Anda untuk SKPD di layanan Samsat Daerah Jabar, Polsek Wilayah Jabar, dan semua cabang Bank BJB.
  10. Maksimal 30 hari untuk tukarkan struk dengan SKPD.

Catatan: Batas waktu pembayaran adalah 1 hari sejak kode pembayaran diberikan. Jika tidak melakukan pembayaran setelah 1 hari, pembayaran tagihan Samsat Online kamu akan dianggap batal.

Kendala Pembayaran Samsat Online

Pembayaran Samsat Online di Tokopedia Gagal

Jika pembayaran tagihan pajak Samsat di Tokopedia gagal, dana akan dikembalikan ke TokoCash. Silakan coba kembali pembayaran dalam beberapa saat, jika masih tetap gagal silakan hubungi Customer Care Tokopedia. Tak perlu khawatir dengan dana milikmu, dana di TokoCash dapat kamu cairkan kembali ke rekening melalui Saldo Tokopedia atau kamu dapat gunakan untuk membeli atau membayar aneka produk lainnya di Tokopedia.

Pembayaran Samsat Online Berhasil, namun Tagihan Masih Muncul

Apabila pembayaran tagihan yang kamu lakukan sudah dinyatakan berhasil oleh pihak Tokopedia, namun tagihan pembayaran masih muncul, kamu bisa langsung menghubungi pihak Samsat agar dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Jika terdapat kendala lebih lanjut dan tagihan masih muncul, kamu bisa menghubungi Customer Care Tokopedia.

Frequently Asked Questions (F.A.Q)

Apakah Saya bisa membayar e-Samsat Jawa Barat Online pada Hari Sabtu atau Minggu?

Kamu bisa membayar e-Samsat Jawa Barat Online kapan saja di Tokopedia. Sistem pembayaran di Tokopedia beroperasi selama 24 jam setiap hari. Namun pada hari libur, maksimal pembayaran akan diproses pada hari kerja selanjutnya.

Apa Saja yang Diperlukan untuk Membayar Samsat Online?

Untuk membayar Samsat Online, kamu memerlukan surat-surat kendaraan lengkap seperti BPKB, KTP pemilik asli, dan STNK yang masih berlaku. Kamu juga perlu memiliki rekening tabungan pada bank yang ditunjuk oleh Samsat (dapat berbeda sesuai daerah Samsat yang berlaku).

Syarat dan Ketentuan Pembayaran Samsat Online

Berikut ini adalah persyaratan umum dalam pembayaran Pajak di Samsat:

  1. Kendaraan tidak dalam status blokir Ranmor/ blokir data kepemilikan.
  2. Wajib Pajak memiliki telepon dan nomor  seluler yang aktif.
  3. Pembayaran hanya diperuntukan kendaraan dengan plat D, E, F, T, Z.
  4. SLA 2×24 Jam Hari Kerja.
  5. Berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan daftar ulang 1 (satu) tahunan.
  6. Tidak berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan yang bersamaan denganganti STNK  5 tahunan.
  7. Masa berlaku pajak yang bisa dibayar kurang dari 6 bulan dari masajatuh tempo.
  8. Wajib pajak adalah perseorangan (bukan badan usaha/yayasan /badansosial).