×
Nomor Anda belum ter-verifikasi di Tokopedia, mohon lakukan verifikasi nomor telepon sebelum melanjutkan pembelian. Verifikasi sekarang »
    ×

      Keterangan


      Pulsa yang diterima

      Rp 0

      Bayar dengan 1-klik menggunakan Saldo Tokopedia

      Terima Kasih

      Email Anda berhasil disimpan.
      Bagikan kabar gembira ini dengan teman Anda.

      Telkomsel - Simpati

      Beli Paket Data Roaming Internet untuk Jalan-Jalan ke Luar Negeri Tahun 2018, Mulai Aja Dulu di Tokopedia

      Mengapa Beli Paket Data Roaming di Tokopedia?

       

      Tetap terhubung ke koneksi internet selama bepergian ke luar negeri dengan paket data roaming seluruh operator di Indonesia. Jangan lupa untuk membeli paket internet luar negeri saat berkunjung ke negara lain karena menggunakan layanan internet tanpa paket internet internasional akan sangat mahal.

       

      Tidak perlu bingung harus membeli paket data roaming kemana, karena Tokopedia menyediakan segala yang kamu butuhkan, mulai dari paket roaming indosat, paket internet luar negeri telkomsel, dan lain-lain sesuai dengan operator yang kamu gunakan. Selain daftar operator penyedia paket roaming yang beragam, Tokopedia memberikan harga paket roaming internasional paling murah. Proses transaksi beli paket data roaming di Tokopedia juga sangat cepat dan aman, beroperasi selama 24 jam, dengan beragam metode pembayaran yang bisa Anda pilih seperti OVO, Saldo Tokopedia, Mobile Banking, Transfer, pembayaran tunai lewat gerai, kartu kredit, dan lain-lain.

       

      Tokopedia juga melayani pembelian Paket Kuota Data, Token Listrik dan Voucher Game Online. Ditambah dengan aneka pembayaran online seperti Listrik PLN, pembayaran BPJS, Tagihan Air & Gas, Donasi Online, Tagihan Pascabayar & Telepon, TV Kabel, Online Streaming dan Angsuran Kredit. Keuntungan lain bertransaksi data roaming di Tokopedia adalah terdapat berbagai promo paket internet luar negeri dan cashback yang di Tokopedia, sehingga belanja paket roaming data jauh lebih murah dan hemat.

       

      1. Apa Itu Roaming Data?
      2. Fungsi Data Roaming
      3. Operator Paket Roaming yang Tersedia
      4. Masa Aktivasi Paket Data Roaming
      5. Tips Menggunakan Paket Roaming
      6. Cara Internetan Di Luar Negeri
      7. Cara Membeli Paket Data Roaming
      8. Cara Menggunakan Paket Data Roaming
      9. Cara Membayar Paket Roaming Di Tokopedia
      10. Cara Mengaktifkan Paket Roaming
      11. Cara Berhenti Paket Roaming
      12. Frequently Asked Questions (F.A.Q)
        1. Apa Keuntungan Membeli Paket Roaming di Tokopedia?
        2. Kapan Waktu yang Tepat Membeli Paket Roaming?
        3. Kapan Saya Bisa Mengaktifkan Paket Roaming yang Sudah Dibeli?
      13. Kendala dalam Pembelian Paket Roaming
        1. Paket Roaming Belum Diterima
        2. Pembelian Paket Roaming Gagal
        3. Paket Data Roaming Belum Terisi Setelah 1×24 Jam
        4. Pembelian Paket Roaming dengan Kartu Kredit Gagal
      14. Syarat dan Ketentuan Pembelian Paket Roaming


      Apa Itu Roaming Data?

      Mengakses internet di luar negeri jauh lebih mudah dengan teknologi roaming. Arti Roaming adalah layanan jasa internet luar negeri yang disediakan oleh operator seluler  sehingga pengguna tidak perlu mengganti penyedia layanan seluler lokal guna mendapatkan akses internet. Harga paket data roaming disesuaikan dengan biaya layanan internet lokal atau sesuai harga yang telah ditetapkan oleh operator seluler. Sebagai contoh, operator seluler seperti XL dan Indosat menyediakan paket roaming umroh dengan harga tetap dan pembatasan kuota penggunaan data.

       

      Fungsi Data Roaming

       

      Kegunaan utama dari data roaming adalah mengizinkan seseorang untuk mengakses internet sekalipun berada di luar negeri dan di luar wilayah jangkauan frekuensi sinyal operator seluler yang digunakan di saat jaringan internet nirkabel (WiFi) tidak tersedia. Ketika berada di luar negeri, kebutuhan akan akses internet dengan smartphone akan sangat membantu, mulai dari mencari lokasi, navigasi, berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di negara asal, dan sebagainya.

       

      Data roaming juga sangat bermanfaat bagi Anda yang berada di luar negeri dalam rangka kunjungan bisnis karena Anda bisa bekerja dimana saja tanpa perlu mencari sinyal internet nirkabel gratis.


      Operator Paket Roaming yang Tersedia

       

      Tokopedia menyediakan paket roaming dari berbagai operator. Saat ini, ada empat operator yang tersedia:

      1. Paket roaming Telkomsel (Simpati, kartuAS, & HALO)
      2. Paket roaming Indosat (IM3 Ooredo & Mentari Ooredoo)
      3. Paket roaming XL
      4. Paket roaming 3 (Tri)

      Untuk paket roaming AXIS dan paket roaming Smartfren masih belum tersedia, Tokopedia tengah mengupayakan agar paket roaming data all operator tersedia di platform Tokopedia dalam waktu dekat.

       

      Negara Tujuan Paket Roaming

       

      Paket roaming tersedia untuk seluruh negara diberbagai belahan dunia sesuai dengan ketersedian operator. Berikut ini adalah negara-negara tujuan utama roaming:

      1. Paket Roaming di Singapura
      2. Paket Roaming di Malaysia
      3. Paket Roaming di Thailand
      4. Paket Roaming di Jepang
      5. Paket Roaming Umroh 
      6. Paket Roaming Haji
      7. Paket Roaming di Australia
      8. Paket Roaming di Tiongkok

       

      Masa Aktivasi Paket Data Roaming

       

      Indosat

       

      Masa aktif paket roaming Indosat mulai dihitung pada saat pengguna tiba di Negara tujuan dan sudah masuk ke jaringan operator luar negeri. Masa tunggu sejak registrasi di Indonesia sampai berangkat ke luar negeri dan masuk ke jaringan operator luar negeri tidak lebih dari 15 hari, jika lebih maka paket akan otomatis berakhir.

      Masa tunggu registrasi paket di Indonesia hingga tiba di Negara tujuan tidak lebih dari 15 hari. Paket internet luar negeri Indosat akan langsung aktif ketika tiba di negara tujuan.


      Telkomsel

       

      Disarankan agar pengguna melakukan pembelian paket internet roaming Telkomsel tidak terlalu jauh sebelum tanggal keberangkatan. Masa tunggu dari pembelian paket di Indonesia hingga sampai di negara tujuan sampai dengan 1 bulan. Disarankan agar pengguna melakukan pembelian tidak lebih dari masa tunggu dari paket internet Telkomsel luar negeri yang berlaku.

      Contoh : Pengguna melakukan pembelian paket 3 in 1 Roaming Asia Australia 5 hari. Maka disarankan pengguna melakukan pembelian 5 hari sebelum keberangkatan ke negara tujuan.


      Tri (3)

       

      Pengguna paket roaming Tri disarankan melakukan pembelian paket sesuai dengan masa berlaku dari setiap paket sebelum keberangkatan ke negara tujuan.

      Contoh : Pengguna yang ingin membeli paket Tri SEA Pass Combo 3 hari, disarankan untuk melakukan pembelian sebelum 3 hari sebelum keberangkatan ke negara tujuan.


      XL

       

      Disarankan agar pengguna melakukan pembelian paket tidak terlalu jauh sebelum tanggal keberangkatan. Apabila pengguna melakukan pembelian paket roaming XL, masa tunggu sejak registrasi di Indonesia sampai berangkat ke luar negeri dan masuk ke jaringan operator tidak lebih dari masa berlaku dari setiap paket.

      Contoh : Pembelian paket umroh XL memiliki masa tunggu dari awal pembelian paket hingga tiba di negara tujuan adalah 7 x 24 jam. Pada Hari ke-7 , pengguna sudah harus tiba di negara tujuan dan paket Roaming siap untuk di gunakan.

       

      Tips Menggunakan Paket Roaming Paling Murah Biar Tidak Tekor Saat di Luar Negeri

       

      Permasalahan yang sering dihadapi saat menggunakan paket data roaming adalah soal tarif yang acap kali di luar dugaan. Selain penting memahami arti roaming, kita juga perlu tahu sejumlah tips bermanfaat agar dapat menghemat dalam menggunakan paket data saat di luar negeri. Ketika kamu menggunakan paket international roaming misalnya, ada baiknya untuk menonaktifkan paket data saat tidak diperlukan. Contohnya ketika berada di kendaraan, coba nonaktifkan paket data roaming Singapore untuk sementara waktu. Nanti baru aktifkan lagi paket roaming saat akan mengabari orang-orang terdekatmu atau butuh informasi tertentu dari internet. Kamu juga bisa beli paket roaming internasional dari Indonesia.

       

      Kamu bisa memilih paket data yang sesuai dengan durasi perjalananmu. Misalnya untuk paket internet umroh kamu bisa membelinya terlebih dahulu sebelum berangkat ke tanah suci. Dengan begini, kamu bisa menyiapkan anggaran yang cukup. Karena fungsi data roaming itu untuk memudahkan komunikasi saat berada di luar negeri, jadi persiapannya sebaiknya dilakukan saat masih berada di Indonesia.

      Cara Internetan di Luar Negeri

       

      Di zaman sekarang, media sosial menjadi platform berinteraksi dan berbagi tentang aktivitas pribadi sehari-hari. Tentu saja Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membagikan kebahagiaan momen berlibur atau sekadar berkunjung ke negara asing. Guna memamerkan pengalaman Anda di sana, dibutuhkan koneksi internet yang terhubung melalui gadget atau laptop. Berikut ini adalah cara internetan di luar negeri, mulai dari membayar hingga yang gratis sekalipun:

      1. Menggunakan jaringan internet nirkabel (WiFi) di tempat umum. Bermodalkan keberanian untuk bertanya, Anda bisa menghemat banyak pengeluaran.
      2. Membeli kartu SIM operator seluler setempat untuk memperoleh akses internet yang lebih murah.
      3. Membeli paket data roaming di halaman Tokopedia Roaming, dimana paket data internet internasional termurah dijual.

       

      Cara Membeli Paket Data Roaming

       

      Ada berbagai alternatif membeli data roaming berbagai operator seluler yang digunakan. Salah satunya melalui Tokopedia.

      Cara Beli Paket Data Roaming Melalui Website Tokopedia

      1. Buka situs Tokopedia Roaming
      2. Pilih produk digital yang diinginkan, dalam kasus ini “Paket Data Roaming.”
      3. Masukkan nomor ponsel yang ingin Anda daftarkan paket data roaming internasional.
      4. Pilih paket  internet internasional yang diinginkan
      5. Klik “Beli” dan lanjutkan proses pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih.

      Cara Beli Paket Data Roaming Melalui Aplikasi Tokopedia

      1. Buka aplikasi Tokopedia
      2. Pilih menu “Bayar”, kemudian pilih produk “Paket Data Roaming.”
      3. Masukkan nomor ponsel yang ingin Anda daftarkan paket data roaming internasional.
      4. Pilih paket internet internasional yang diinginkan.
      5. Klik “Beli” dan lanjutkan proses pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih.

       

      Membeli paket data roaming di Tokopedia juga sangat murah karena Anda tidak dikenakan biaya tambahan apapun. Bayar sesuai dengan harga paket data yang tertera. Selain itu, proses pembelian dan penerimaan paket data roaming di Tokopedia sangat cepat dan aman.

      *Pastikan Anda sudah memiliki akun Tokopedia


      Cara Menggunakan Paket Data Roaming

       

      Setelah membeli paket data roaming di Tokopedia, Anda harus melakukan aktivasi sebelum bisa menggunakan paket data roaming. Setelah melakukan aktivasi dan tiba di negara tujuan, hubungkan jaringan seluler ke daftar operator yang bekerja sama dengan operator SIM yang Anda gunakan. Pada pengaturan ponsel Anda, aktifkan mode Roaming.


      Cara Membayar Paket Roaming di Tokopedia

       

      Tokopedia menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang dapat kamu gunakan untuk melakukan pembelian paket roaming data internet internasional, yaitu:

      • Saldo Tokopedia,
      • Kartu Kredit
      • BCA Klikpay
      • KlikBCA
      • Mandiri Clickpay
      • Mandiri e-Cash
      • BRi e-Pay
      • BRI Virtual Account
      • Alfagroup
      • Indomaret
      • Pos Indonesia

       

      Cara Mengaktifkan Paket Roaming

       

      Setiap operator menerapkan kebijakan yang berbeda terkait paket data roaming internasional. Berikut ini adalah rincian masa aktivasi masing-masing operator:

      1. Aktivasi Paket roaming Telkomsel: 5 hari setelah pembelian paket internet internasional
      2. Aktivasi Paket roaming Indosat: Paket roaming akan langsung aktif setelah terhubung dengan jaringan negara tujuan. Masa berlaku paket roaming Indosat berlangsung selama 15 hari.
      3. Aktivasi Paket roaming XL: Hubungi *123*747#

      Aktivati Paket roaming Tri (3): Hubungi *899#

       

      Cara Berhenti Paket Roaming

       

      Paket data roaming akan secara otomatis berakhir setelah masa berlaku dari paket data roaming yang Anda beli telah berakhir. Masa aktif paket roaming data internet berbeda-beda sesuai dengan kebijaka dari masing-masing operator seluler.

       



      Frequently Asked Questions (F.A.Q)

       

      Q1 : Apa keuntungan membeli paket roaming di Tokopedia?

       

      A1: Membeli paket internet luar negeri di Tokopedia memiliki sejumlah keuntungan antara lain:

      1. Ada banyak promo paket data roaming dan cashback yang akan menghemat pengeluaran internet saat berada di luar negeri.
      2. Sistem yang beroperasi selama 24 jam, sehingga memungkinkan Anda untuk membeli paket roaming internet kapan pun dan dimana pun Anda membutuhkan paket internet internasional.
      3. Beragam metode pembayaran yang bisa Anda pilih, antara lain OVO, Saldo Tokopedia, Mobile Banking, Transfer, pembayaran tunai lewat gerai, kartu kredit, dan lain-lain.
      4. Selain promo dan cashback, Tokopedia menyediakan paket roaming internasional paling murah.


      Q2 : Kapan waktu yang tepat membeli paket roaming?

       

      A2: Disarankan untuk membeli paket roaming beberapa hari sebelum keberangkatan menuju negara tujuan. Setiap operator memiliki masa tunggu yang berbeda-beda, selalu periksa dengan teliti masa tunggu yang diberikan oleh operator penyedia jasa layanan data roaming yang Anda gunakan.


      Q3 : Kapan saya bisa mengaktifkan paket roaming yang sudah dibeli?

       

      A3: Setiap operator menerapkan kebijakan yang berbeda terkait paket data roaming internasional. Berikut ini adalah rincian masa aktivasi masing-masing operator:

      1. Aktivasi Paket roaming Telkomsel: 5 hari setelah pembelian paket internet internasional
      2. Aktivasi Paket roaming Indosat: Paket roaming akan langsung aktif setelah terhubung dengan jaringan negara tujuan. Masa berlaku paket roaming Indosat berlangsung selama 15 hari.
      3. Aktivasi Paket roaming XL: Hubungi *123*747#
      4. Aktivati Paket roaming Tri (3): Hubungi *899#

       


       

      Kendala Seputar Pembelian Paket Roaming

       

      Paket Roaming Belum Diterima

       

      Pastikan paket Roaming yang Anda pilih sudah benar dan sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat pastikan nomor handphone dan nominal transfer yang Anda input sudah benar sehingga dapat digunakan.

      Apabila status transaksi telah berhasil akan tetapi Anda belum dapat menggunakan paket Roaming, maka Anda dapat menghubungi pihak operator terkait di nomor berikut ini:

       

      Nomor Call Center Telkomsel

      • Melalui KartuHALO : 133
      • Melalui kartu simPATI dan Kartu AS: 155 untuk layanan informasi pelanggan 24 jam (Gratis) dan 188 untuk layanan Contact Center 24 jam (Berbayar)
      • Melalui ponsel dan fixed phone: Nasional: 08071811811, Jakarta: (021) 21899811, Bandung: (022) 2553811, Surabaya: (031) 8403811, dan Medan: (061) 4578811
      • Social Media @telkomsel

       

      Nomor Call Center Indosat

      • Melalui PSTN : 021 5438 8888, 021 3000 3000, atau 021 3011 1111
      • Melalui Matrix & StarOne : Dial 111 (Gratis)
      • Melalui Mentari : Dial 222 (Gratis) atau Dial 100 (Rp.400,-/call)
      • Melalui IM3 : Dial 100 (Rp. 400,-/call)
      • Fax : 021 5449501-06

       

      Nomor Call Center XL

      • Telepon : +62-21-579 59 817 818 – Untuk info layanan melalui mesin penjawab (Gratis)
      • 817 – Untuk berbicara dengan XL Contact Center Representatives : Rp 350,-/per panggilan.
      • Fax : +62-21-579 59808
      • Email : customerservice@xl.co.id
      • Twitter : Follow @XLCare

       

      Nomor Call Center 3 (Three)

      • Melalui telepon : 123 atau 0896 44000 123
      • Melalui e-mail : 3care@three.co.id

       

      Jika paket Roaming masih belum juga diterima, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia untuk pengecekkan lebih lanjut.

       

      Pembelian Paket Roaming Gagal

       

      Paket Data Roaming Belum Terisi Setelah 1×24 Jam

       

      Jika dalam waktu 1×24 jam status pembelian masih Menunggu Konfirmasi Operator/Pending, silakan hubungi Customer Care Tokopedia supaya dilakukan pengecekan lebih lanjut ke operator terkait. Selain itu, silakan cek status pembelian data roaming di halaman status transaksi. Apabila statusnya sudah berhasil dan paket data roaing sudah diterima, maka Anda dapat mengaktivasikan dan menggunakan paket data roaming internasional yang telah Anda beli.

       

      Silakan cek status pembelian paket data roaming di halaman Daftar Transaksi Produk Digital. Berikut penjelasan untuk masing-masing status pembelian paket data roaming:

       

      Paket Data Roaming Belum Diterima

       

      Pembelian paket internet luar negeri ke nomor yang dituju berhasil dan sudah siap untuk diaktivasikan. Apabila status transaksi telah berhasil namun Anda tidak bisa mengaktivasi paket data internet luar negeri, maka Anda dapat menghubungi pihak operator terkait di nomor berikut ini:

      Nomor Call Center Telkomsel:

      • Melalui KartuHALO : 133
      • Melalui kartu simPATI dan Kartu AS: 155 untuk layanan informasi pelanggan 24 jam (Gratis) dan 188 untuk layanan Contact Center 24 jam (Berbayar)
      • Melalui ponsel dan fixed phone: Nasional: 08071811811, Jakarta: (021) 21899811, Bandung: (022) 2553811, Surabaya: (031) 8403811, dan Medan: (061) 4578811

       

      Nomor Call Center Indosat

      • Via PSTN : 021 5438 8888, 021 3000 3000, atau 021 3011 1111
      • Via Matrix & StarOne : Dial 111 (Gratis)
      • Via Mentari : Dial 222 (Gratis) atau Dial 100 (Rp.400,-/call)
      • Via IM3 : Dial 100 (Rp. 400,-/call)
      • Fax : 021 5449501-06

       

      Nomor Call Center XL

      • Telepon : +62-21-579 59 817
      • 818 – Untuk info layanan melalui mesin penjawab (Gratis)
      • 817 – Untuk berbicara dengan XL Contact Center Representatives : Rp 350,-/per panggilan.

      Pembelian Paket Roaming dengan Kartu Kredit Gagal

       

      Jika Anda melakukan pembelian paket internet luar negeri namun transaksi dinyatakan gagal, maka dana yang terpotong akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit di tagihan berikutnya. Anda dapat memastikan kembali jumlah tagihan sesuai dengan apa yang dibayarkan dan pada tagihan berikutnya pastikan limit telah dikembalikan sesuai dengan nominal tersebut. Apabila terdapat kendala pada penggunaan dan limit kartu kredit, silakan hubungi Customer Care Tokopedia.

       


       

      Syarat dan Ketentuan

       

      Dengan mengakses atau menggunakan Tokopedia Roaming, maka setiap Pengguna dianggap telah menerima, memahami, menyetujui, serta sepakat untuk mematuhi semua isi dalam Syarat dan Ketentuan Layanan di bawah ini.

       

      Syarat dan Ketentuan Layanan dapat diubah dan/atau diperbaharui sewaktu-waktu oleh Tokopedia tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila Pengguna tidak setuju atas Syarat dan Ketentuan Layanan ini, Tokopedia mempersilakan Pengguna untuk tidak melanjutkan penggunaan situs Tokopedia.

       

      Berikut syarat dan ketentuan pembelian paket roaming di Tokopedia:

      1. Pastikan nomor telepon yang Anda masukkan sudah benar dan merupakan nomor prabayar dan pascabayar yang masih dalam masa aktif.
      2. Pastikan Anda telah memiliki akun Tokopedia, karena pembelian paket Roaming hanya dapat dilakukan oleh pengguna akun Tokopedia.
      3. Jika belum memiliki akun Tokopedia, Anda bisa melakukan pembelian sebagai Pengguna Baru. Dengan melakukan pembelian sebagai Pengguna Baru, Anda akan langsung terdaftar di Tokopedia. Silakan lakukan aktivasi agar akun tersebut bisa Anda gunakan untuk belanja produk di Tokopedia.
      4. Pastikan akun yang digunakan untuk membeli paket roaming data sudah melakukan verifikasi nomor handphone.
      5. Kesalahan pengisian nomor tujuan atau nomor ponsel kadaluarsa, tidak akan dilakukan proses refund.
      6. Dalam 1 transaksi, pembeli hanya bisa melakukan pembelian paket Roaming 1 kali kemudian melakukan proses pembayaran. Jika ingin kembali melakukan pembelian paket Roaming selanjutnya, pembeli wajib menyelesaikan transaksi hingga pembayaran berhasil.
      7. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas kesalahan pembelian paket Roaming dikarenakan kesalahan input nomor tujuan oleh pengguna.
      8. Pihak resmi Tokopedia tidak pernah meminta email dan password akun pengguna. Mohon untuk tidak menginfokan data tersebut ke pihak manapun.
      9. Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.